Sukses

Waketum Gerindra: Anies Tidak Salah Ucapkan Kata Pribumi

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra menegaskan, tidak masalah bila Anies dilaporkan ke polisi.

Liputan6.com, Bogor - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo meminta agar kasus pelaporan terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenai pribumi tidak dikriminalisasi. Dia pun yakin, Anies tidak bersalah.

"Menurut saya tidak ada yang salah dengan kata pribumi," ucap Edhy di sela Konferensi Nasional dan Kader Partai Gerinda di ISCC, Bogor, Rabu 18 Oktober 2017.

Dia menegaskan, tidak masalah bila Anies dilaporkan ke polisi. "Laporkan saja, enggak masalah, kan negara ini negara hukum," kata Edhy.

Dia menjelaskan, pidato Anies hanya menggarisbawahi bahwa masyarakat pribumi selaku kaum mayoritas harus hidup bebas dari ketertindasan.

"Anda lihat kan kasus Luar Batang? Berapa puluh tahun mereka tinggal di sana, lalu tiba-tiba mereka digusur dengan alasan enggak punya sertifikat," terang Edhy.

Menurut dia, Anies sangat mendukung isi dalam butir Undang-undang Pertanahan. Dalam butir tersebut disebutkan bahwa orang yang tinggal lebih dari 15 tahun memiliki hak dan tidak boleh diusir.

"Jadi pidato Anies itu justru bagus. Semangatnya bagus untuk menggalang kebersamaan, tidak membangun perbedaan atau permusuhan," ujar Edhy.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anies Dilaporkan

Anies dilaporkan Jack Boyd Lapian dari Gerakan Pancasila didampingi sejumlah anggota organisasi sayap PDI Perjuangan, Banteng Muda Indonesia pada Selasa, 17 Oktober 2017 malam. Pelaporan tersebut atas tuduhan tindak pidana diskriminatif ras dan etnis.

"Kami lakukan laporan polisi terkait adanya dugaan tindak pidana diskriminatif ras dan etnis yang diduga dilakukan oleh Gubernur DKI terpilih saat sesi acara gubernur di Pemprov DKI Jakarta. Banteng Muda Indonesia sebagai saksi," kata kata kuasa hukum pelapor, Rudi Kabunang di Bareskrim Polri, Gambir kemarin.

Laporan yang dibuat Jack diterima dengan nomor LP/1072/X/2017/Bareskrim. Menurut Jack, kalimat pribumi yang dilontarkan Anies dalam pidatonya dikhawatirkan dapat memecah belah bangsa.

"Karena saya lihat ini memecah belah Pancasila. Pada Pancasila tak ada lagi apa bahasamu, apa ras, semua menjadi satu," ucap Jack.

Dalam pidatonya, Anies Baswedan menyebut Jakarta merupakan sedikit tempat di Indonesia yang merasakan penjajahan selama berabad-abad. "Rakyat pribumi ditindas dan dikalahkan oleh kolonialisme. Kini setelah merdeka, saatnya kita jadi tuan rumah di negeri sendiri," ujar Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.