Sukses

Komandan Marinir Filipina Puji Kemampuan Prajurit TNI

Liputan6.com, Jakarta - Komandan Korps Marinir Filipina, Brigjen Alvin Acong Parreno, beserta rombongan mengunjungi sarang petarung Korps Marinir RI di Cilandak, Jakarta Selatan. Dalam kunjungan itu, Brigjen Alvin disambut petinggi Marinir.

Mereka adalah Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Bambang Suswantono beserta Ketua Gabungan Jalasenastri Korps Marinir Ny Bambang Suswantono dan seluruh pejabat utama Korps Marinir.

Dalam keterangan yang diterima, Rabu (18/10/2017), di hadapan ribuan pasukan Korps Baret Ungu tersebut, Brigjen Alvin Acong Parreno beberapa kali mengajak pasukan untuk meneriakkan yel-yel. Dia juga kagum dengan kemampuan yang dimiliki Marinir Indonesia.

"Saya merasa senang bisa berada di tengah-tengah pasukan Marinir Indonesia. Kalian memiliki kemampuan yang baik dan membanggakan," ujar dia dalam bahasa Inggris yang diterjemahkan. 

Upacara penyambutan diawali dengan manuver puluhan kendaraan tempur Korps Marinir yang melintas di depan tenda undangan dengan kecepatan tinggi dari kanan dan kiri lapangan upacara. Kegiatan ini melibatkan kurang lebih 1.000 prajurit petarung beserta Material tempur Korps Marinir antara lain BMP-3F, Kapa 61, LVT-7, Kapa PTS, PT-76 (M), BTR-50 P (M/K), RM 70 Grad, BVP-2, How-105, dan beberapa kendaraan tempur yang lain.

Selain itu, ada pula atraksi terjun payung yang dilakukan sejumlah anggota Marinir. Keterampilan lainnya, seperti demontrasi pencak silat, taekwondo, dan static show.

Sang tamu beserta staf selanjutnya diajak berkeliling menengok fasilitas latihan prajurit. Di antaranya kompleks latihan Detasemen Jalamangkara, Intai Amfibi, perumahan prajurit, lapangan tembak sniper, dan berakhir di lapangan tembak pistol. 

Dalam kunjungan itu, Brigjen Alvin Acong Parreno membawa rombongan. Mereka adalah Komandan Brigade Kolonel Ariel C Caculitan, Komandan Brigade Bantuan Tempur Maj Richard C Malabanan, Direktur Kantor Manajemen dan Fiskal Korps Marinir Anna Marie T Parreno.

Saksikan video pilihan berikut ini: