Sukses

JK Ingin Anies Ubah Jakarta Jadi Kota Terbaik Dunia

Menurut JK, banyak hal yang perlu diperbaiki di Jakarta. Pekerjaan rumah inilah yang dititipkan kepada Anies.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK mengaku ada pertemuan sebelum Anies Baswedan dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, dirinya berpesan kepada Anies.

"Saya beli buku dan saya kasih ke Anies tentang 100 kota terbaik di dunia ini, 100, bukan lima, ya. Jakarta tidak ada, Yogya ada, Bangkok nomor sembilan, masa Jakarta enggak ada? Saya enggak tahu penilaiannya, tapi buku itu tidak ada Jakartanya," ucap JK di kantornya, Jakarta, Selasa (17/10/2017).

Pertemuan JK dengan Anies berlangsung di rumah dinas Wapres di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Buku yang diberikan kepada Anies berjudul The Cities Book karya Lonely Planet.

Pada halaman depan buku tersebut, ada pesan dari JK yang bertuliskan "Untuk Gubernur DKI Saudara DR Anies Baswedan Agar Jakarta Menjadi Kota 10 Besar Dunia, ditandatangani JK 13 Oktober 2017".

Menurut JK, banyak hal yang perlu diperbaiki di Jakarta. Pekerjaan rumah inilah yang dititipkan kepada Anies.

"Saya kasih Anies itu untuk dibaca untuk pelajari apa yang orang harapkan terhadap satu kota. Jadi, begitulah yang kita harapkan kota yang bersih, lancar, tidak banjir, dan sebagainya, ekonomi juga maju," kata dia.

JK berharap, pemimpin Jakarta bisa membawa industri ke luar Ibu Kota. Oleh karena itu, tak lagi ada industri yang berat di DKI.

"Kita ingin menggeser industri-industri keluar Jakarta, Pulau Jawa, jangan dipenuhi Jakarta ini dengan industri, apalagi yang berat-berat," pungkas JK.

Saksikan video pilihan berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Janji Anies-Sandi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah melantik Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan-Sandiaga Uno di Istana Negara kemarin.

Usai menggelar syukuran bersama warga Jakarta kemarin, Anies-Sandi hari ini mulai berkantor di Balai Kota Jakarta. Hari pertama diisi dengan perkenalan dengan bawahannya.

Sementara, tim transisi telah menerjemahkan 23 janji kerja Anies-Sandi, menjadi 167 program dan 527 kegiatan yang terbagi dalam 14 isu.

Janji-janji itu disinkronkan dalam 3.313 kegiatan yang telah disusun dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2018.

Sebanyak 3.055 kegiatan terakomodasi dalam nomenklatur yang ada. Sebanyak 205 kegiatan adalah kegiatan yang sudah sesuai tugas pokok dan fungsi dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Wapres JK