Sukses

Kampung Akuarium Tunggu Konsep Antimenggusur ala Anies-Sandi

Liputan6.com, Jakarta - Warga kawasan Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara menunggu konsep dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenai nasib wilayah mereka.

"Ini bukan cuma untuk Kampung Akuarium saja, karena menurut janjinya akan menghentikan penggusuran di Jakarta tapi kita belum tahu konsepnya seperti apa," kata Pengacara Publik LBH Jakarta Matthew Michelle yang mengawal gugatan class action warga Kampung Akuarium saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa (17/10/2017).

Menurut dia, antusiasme warga Kampung Akuarium sangat tinggi dalam menunggu kinerja Anies-Sandi tidak menggusur tempat tinggal mereka. Apalagi, akhir-akhir ini tidak ada petugas Pemprov DKI seperti Satpol PP yang berjaga di sekitaran tempat tinggal mereka.

"Antusias iya warga, sejauh ini setelah ada gugatan class action, Pemprov juga tidak 'mengganggu' warga lagi, jadi warga tetap stay," jelas dia.

Warga Kampung Akuarium telah melakukan gugatan class action tentang penertiban kawasan tersebut. Kelanjutan class action masih berlangsung dengan pengumpulan bukti-bukti dari berbagai pihak. Terkait saksi-saksi, Matthew mengatakan masih dalam waktu dua pekan ke depan.

"Update rencana kita masih dalam proses pembuktian, kalau saksi-saksi masih 2-3 minggu ke depan," tandas dia.

Lahan Kampung Akuarium menjadi polemik kepemilikan antara warga dan pihak Pemprov DKI. Wilayah dikenal sebagai Pasar Ikan tersebut.

Pada 3 Oktober 2016, Pemprov DKI telah digugat oleh perwakilan warga di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dengan nomor registrasi 532/PDT.G/2016/PN.JKT.PST.

Dalam agendanya, Pemprov DKI berencana menjadikan kawasan ini sebagai tempat wisata di Luar Batang dan Pasar Ikan yang termasuk dalam proyek revitalisasi kawasan Kota Tua Batavia dan Pelabuhan Sunda Kelapa.

Kawasan ini telah ditertibkan, namun, warganya kembali mendirikan bangunan. Walaupun sempat ditertibkan kembali, warga banyak yang bertahan di tempat tersebut.

 

1 dari 2 halaman

Janji Anies ke Warga Kampung Aquarium

Saat kampanye sebagai cagub DKI Jakarta, Anies Baswedan mengunjungi warga Kampung Akuarium di Penjaringan, Jakarta Utara yang terkena penggusuran.

"Hari ini kita melihat dari dekat, dan kita menyaksikan peristiwa ini tidak boleh terulang lagi. Dan di tempat ini, kita merasakan betapa warga tidak diperlakukan secara manusiawi," ujar Anies di Kampung Akuarium, Jakarta, Sabtu 7 Januari 2017.

Menurut dia, untuk memperbaiki kota Jakarta tidak perlu lagi dilakukan sebuah penggusuran. Anies pun berjanji membangun kota Jakarta yang lebih manusiawi.

"Kami ingin kembalikan Jakarta menjadi kota yang manusiawi. Kota yang memberikan warganya kesempatan untuk bahagia," kata Anies.

Sementara itu, terkait penataan di Kampung Akuarium nantinya, Anies berencana menata ulang kawasan tersebut. Hal itu akan dilakukan jika nanti sudah resmi memimpin DKI Jakarta.

"Ditata ulang dan kita mau rencanakan musyawarah, saya sampaikan dari kemarin. Jangan membayangkan solusi itu sekadar muncul dari tangan pemerintah seakan-akan kami yang paling tahu," ujar Anies.

"Ada banyak pihak, kita musyawarah dengan warga, dengan contoh-contoh penyelesaian di banyak tempat dan termasuk di situ sudah ada gambar rumah yang akan dibangun di sana," jelas dia Kamis 4 Mei 2017.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Artikel Selanjutnya
Robot Transformer Beraksi di Lapangan Puputan Denpasar
Artikel Selanjutnya
7 Desain Barcode Paling Kreatif yang Jarang Kamu Temukan