Sukses

Sumpah dan Janji Anies-Sandi Saat Dilantik Jokowi di Istana

Pelantikan Anies-Sandi turut dihadiri Ketua DPR Setya Novanto hingga Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Liputan6.com, Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno resmi menyandang jabatan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Mereka telah dilantik oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Negara Jakarta.

Presiden Jokowi mengambil sumpah Anies-Sandi sesuai dengan keyakinan keduanya yang beragama Islam.

"Sebelum saudara mengucapkan sumpah, terlebih dahulu saya akan bertanya apakah saudara beragama Islam? Bersediakah saudara mengucapkan sumpah menurut agama Islam?" tanya Jokowi kepada Anies dan Sandi, Senin (16/10/2017).

Anies-Sandi lalu bersumpah selama lima tahun ke depan, akan memenuhi kewajibannya sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Dia juga berjanji akan berlaku adil kepada rakyat. Sumpah tersebut disampaikan di depan para tamu undangan yang hadir.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur/wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," ujar Anies-Sandi bersamaan.

Pelantikan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno ini sesuai dengan Keppres 87 P Tahun 2017 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Masa Jabatan 2017-2022. Acara pelantikan berlangsung sekitar pukul 16.00 WIB.

Pelantikan Anies-Sandi turut dihadiri Ketua DPR Setya Novanto, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah dan Agus Hermanto, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan sejumlah politikus lainnya.

Hadir pula Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid serta sejumlah anggota DPRD DKI yang di antaranya Abraham Lunggana atau Lulung.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.