Sukses

PKB Incar 100 Kursi DPR pada Pileg 2019

Sedangkan untuk pilpres, PKB enggan banyak berbicara. PKB masih konsentrasi mengawal program Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi mendaftar sebagai peserta Pemilu 2019 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Partai yang diketuai Muhaimin Iskandar itu memiliki sejumlah target pada pileg dan pilpres yang digelar serentak itu.

"Pada pemilu legislatif, PKB ingin kursi DPR RI menjadi 100 kursi, 100 kursi target kita. Yang kedua seluruh kabupaten/kota harus diisi seluruh DPRD satu fraksi," ucap Karding di KPU Pusat, Jakarta, Senin (16/10/2017).

Sedangkan untuk pilpres, PKB enggan banyak berbicara. PKB masih konsentrasi mengawal Nawacita yang dicanangkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Sejak awal pilkada, kita tak mau bicara banyak soal pilpres. Bukan apa-apa, kita tak ingin energi bangsa ini habis untuk pilpres. Tapi kita ingin energi untuk mewujudkan cita-cita Pak Jokowi untuk Nawacita-nya tercapai, dan nanti baru bicara pilpres sesuai tahapan-tahapan di partai," kata Karding.

PKB berharap, seluruh parpol memanfaatkan pemilu 2019 bukan hanya sebagai hajatan lima tahunan untuk pesta demokrasi, tetapi harus mempunyai makna dan sekaligus menjadi tonggak sejarah baru perpolitikan Indonesia di masa mendatang.

"Sebuah pesta demokrasi yang menjadikan nilai-nilai tradisi dan nilai luhur bangsa ini sebagai pondasi dasarnya. Sebuah ajang kontestasi politik yang tak sekedar mengejar kemenangan, tapi juga memberi efek pada aktualisasi nilai-nilai dasar berbangsa dan bernegara yang menjadi kesepakatan kita selama ini, yakni Pancasila," ungkap Karding.

Sekjen PKB ini mengingatkan, kepada parpol yang bersaing untuk tidak menggunakan isu SARA untuk memperoleh kemenangan.

"Apalah arti sebuah kekuasaan bilamana hal itu tidak mengantarkan kita pada terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh penduduk di negeri ini," pungkas Karding.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dokumen 1 Mobil Boks

PKB mendaftar menjadi peserta pemilu 2019 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Untuk memeriahkan pendaftaran itu, mereka akan melakukan pawai dari Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat menuju kantor KPU.

Senin (16/10/2017) ini merupakan hari pendaftaran terakhir bagi partai yang ingin menjadi peserta pemilu 2019.

Ketua DPP PKB Lukman Edy di KPU Pusat mengatakan, pihaknya membawa satu mobil boks untuk mengangkut dokumen pengurus di seluruh provinsi, 75 persen pengurus kabupaten, dan 50 persen pengurus di tingkat kecamatan.

Dia menuturkan, PKB juga membawa 20 staf administrasinya untuk membantu KPU Pusat dalam melakukan verifikasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.