Sukses

Ketoprak Meriahkan Natal di Rembang

Ratusan umat Kristiani di Gereja Katolik Santo Petrus dan Paulus Rembang, Jawa Tengah, merayakan Natal dengan cara yang unik yakni pementasan ketoprak dan musik gending.

Liputan6.com, Rembang: Ratusan umat Kristiani di Gereja Katolik Santo Petrus dan Paulus Rembang, Jawa Tengah, merayakan Natal dengan cara yang unik yakni pementasan ketoprak dan musik gending. Ketoprak berjudul "Wiyosan Noto Agung" yang diperankan 25 warga Katolik dan 20 anggota karawitan lintas agama digelar usai jemaat mengikuti Misa Natal, Sabtu (25/12).

Menurut sutradara ketoprak Gereja Katolik Santo Petrus, Karyono, pementasan ketoprak memang baru pertama kalinya dilakukan oleh warga Katolik Petrus dan Paulus Rembang. "Tujuan kami untuk memberikan hiburan kepada seluruh warga Rembang. Kami ingin berbagi kebahagiaan damai di bumi dan di hati, menyertai perayaan Natal tahun ini," katanya.

Mengenai cerita dalam lakon "Wiyosan Noto Agung", Karyono mengatakan, tidak ada hubungannya dengan Alkitab. Ia menjelaskan, lakon ketoprak yang dimainkan itu merupakan cerita carangan tentang dua Kerajaan Palimengan (kejahatan) dan Karang Tumaritis (kebaikan). Raja Palimengan bernama Pamikoro tidak suka dengan Raja Karang Tumaritis, Raden Pamarta.

Christian Lilik Budi D., salah seorang pelakon, mengatakan Romo Eko Winarno PR dan Romo Tri Budi Widiyanto juga ikut menjadi pelakon dalam pementasan ketoprak itu. "Meski baru berlatih selama satu bulan terakhir, kami harap pementasan ini bisa menghibur warga Rembang," katanya.

Agus, warga Gereja Santo Petrus dan Paulus mengatakan anggota pengiring karawitan memang 90 persen adalah insan nonKatolik. Namun, ia mengatakan pengrawit setiap Jumat Kliwon biasa mengiringi misa. "Kerukunan umat beragama di sini tidak hanya sebatas slogan. Tapi benar-benar terlaksana dalam tindakan," katanya menambahkan.(ANT/JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini