Sukses

Daftar ke KPU, PKB Gelar Pawai Kebinekaan

Untuk memeriahkan pendaftaran peserta Pemilu 2019 itu, PKB akan melakukan pawai dari Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat menuju KPU.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendaftar menjadi peserta Pemilu 2019 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Untuk memeriahkan pendaftaran itu, mereka akan melakukan pawai dari Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat menuju kantor KPU.

Senin (16/10/2017) ini merupakan hari pendaftaran terakhir bagi partai yang ingin menjadi peserta Pemilu 2019.

"Jelas PKB tengah bersiap-siap membawa seluruh dokumen pendaftaran. Nanti ada pawai dari Taman Suropati dengan tema Bhinneka Tunggal Ika, dan Pancasila Demokrasi yang beradaban," ucap Ketua DPP PKB Lukman Edy di KPU Pusat, Jakarta, Senin (16/10/2017).

Menurut dia, PKB membawa satu mobil boks untuk mengangkut dokumen pengurus di seluruh provinsi, 75 persen pengurus kabupaten, dan 50 persen pengurus di tingkat kecamatan.

Dia menuturkan PKB juga membawa 20 staf administrasinya untuk membantu KPU Pusat dalam melakukan verifikasi.

"Dan kita juga membawa 20 orang staf admin dari DPP untuk membantu KPU Pusat dalam melakukan verifikasi adminnya. Karena akan diserahkan itu check list oleh KPU pusat ini paling cepat 7 jam. Makanya kita mengerahkan staf admin untuk membantu KPU," tegas Lukman.

"Memang lumayan banyak yang harus di-check list KPU Pusat sebanyak 600 halaman. Dan ini penting dan melengkapi data base kepartaian," lanjut dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sipol Rawan

Pada sisi lain, pria yang duduk di Komisi II ini mengatakan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) KPU sudah baik. Walaupun, masih rawan tingkat keamanannya.

"Tidak ada kendala soal Sipol. Memang kita khawatir soal security saja. Selain penting memang yang kedua sistem securitynya belum teruji. Kami melihat bahwa input data itu rawan dihack. Rawan untuk di lakukan perubahan-perubahan. Begitu masuk sistem bisa melakukan perubahan," tegas Lukman.

Karena itu, lanjut dia, KPU Pusat harus memberikan perhatian lebih. Khususnya satu bulan ke depan.

"Ini harus diantisipasi untuk 1 bulan kedepan sebelum diumumkan apakah parpol ini memenuhi syarat atau tidak," pungkas Lukman.

Selain PKB, sejumlah partai akan mendaftar ke KPU pada hari ini. Antara lain Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia, Partai Bulan Bintang, Partai Idaman, Partai Demokrat, Partai Pemersatu Bangsa, dan Partai Indonesia Kerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.