Sukses

Top 3 News Hari Ini: Cagub Jatim 2018, Mega Pilih Gus Ipul

Top 3 News Hari Ini, Megawati Soekarnoputri dan sejumlah kepala daerah membahas mana calon terbaik yang akan diusung dalam Pilkada Jatim.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 News Hari Ini, Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri telah menemukan pasangan calon yang tepat untuk membangun Provinsi Jawa Timur, pada Pilkada 2018 mendatang. Mereka adalah Saifullah Yusuf dan Abdullah Azwar Anas.

Sebelum sejumlah kepala daerah memenuhi undangan mantan Presiden ke-5 RI ini di kediamannya di Jalan Teuku Umar, Jakarta. Mereka diminta untuk memberi masukan siapa saja yang pantas untuk calon gubernur Jawa Timur. Nama-nama yang muncul dalam pembicaraan tersebut antara lain, Saifullah Yusuf, Khofifah Indar Parawansa, dan Tri Rismaharini.

Memang sebelumnya telah muncul dua nama terkuat yang diusung PDIP, yaitu Saifullah Yusuf atau Gus Ipul dan Tri Rismaharini.

Pujian pun mengalir dari mulut Megawati untuk pasangan Saifullah Yusuf dan Nurdin Abdullah. Sang putri Proklamator Soekarno ini bahkan mempunyai panggilan unik untuk keduanya. Saifullah Yusuf dipanggilnya Cipul, sedangkan Azwar Anas disebut sebagai anak yang lincah.

Mega juga memberi pujian kepada Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman sebagai pasangan cagub dan cawagub Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). 

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 News hari ini:

1. Cagub Jatim 2018 Pilihan Megawati

Presiden ke-5 RI yang juga Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri memasukkan surat suara ke dalam kotak saat proses pencoblosan Pilkada DKI 2017 di TPS 027 Kebagusan, Jakarta Selatan, Rabu (15/2). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Rumah Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di bilangan Menteng, Jakarta Pusat , kedatangan sejumlah kepala daerah, pada Sabtu, 14 Oktober 2017.

Di antaranya Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, Bupati Trenggalek Emil Dardak, Bupati Ngawi Budi Sulistyono, dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Emil Dardak mengaku saat bertemu Megawati, mereka membahas mana yang terbaik antara Saifullah Yusuf, Khofifah Indar Parawansa dan Tri Rismaharini untuk diusung sebagai cagub dalam Pilkada Jatim 2018.

Sementara itu, Bupati Ngawi Budi Sulistyono atau akrab disapa Budi Kanang menyebut, ada dua nama terkuat yang akan diusung PDIP untuk duduk sebagai calon gubernur di Pilgub Jawa Timur 2018.

Selengkapnya...

2. Pujian Megawati untuk Saifullah Yusuf dan Nurdin Abdullah

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur dan Sulawesi Selatan di Jakarta, Minggu (15/10). (Liputan6.com/Helmi Fitriansyah)

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah mengumumkan nama calon gubernur dan calon wakil gubernur yang mereka usung di Pilkada Jawa Timur 2018 mendatang.

Kedua nama yang dipilih yakni Saifullah Yusuf dan Abdullah Azwar Anas.

"Saya panggilnya Cipul. Saifullah Yusuf pernah mendapatkan 31 penghargaan di bidang transportasi publik," tutur Megawati di Markas PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat.

Sementara Azwar Anas, Mega menyebutnya sebagai anak yang lincah.

Selengkapnya...

3. Saifullah Yusuf, Orang Dekat Gus Dur yang Jadi Cagub Pilihan PDIP

Saifullah Yusuf ialah Wakil Gubernur Jawa Timur sejak tahun 2009

Saifullah atau yang akrab disapa Gus Ipul menjabat sebagai Wakil Gubernur Jatim. Dia mendampingi Gubernur Soekarwo atau Pakde Karwo memimpin Jawa Timur dari 2013 hingga 2018.

Dia pernah menjabat sebagai Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, periode 2004-2007.

Gus Ipul pernah menjadi Ketua Umum GP Ansor selama dua periode, yaitu 2000-2005 dan 2005-2010.

Saat menjadi kader PDIP, Saifullah Yusuf berkesempatan menjadi anggota DPR RI. Saat itu, ia dinilai sebagai lambang aliansi dari Abdurrahman Wahid dan Megawati Soekarnoputri.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini