Sukses

Rangkaian Acara Gubernur Baru Jakarta Hari Ini

Usai pelantikan, ada serentetan acara yang akan dijalani Gubernur dan Wakil Gubernur baru DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melantik pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno di Istana, Jakarta. Usai pelantikan, ada serentetan acara yang akan dijalani keduanya.

Anies membeberkan jadwal acara pada hari pelantikan tersebut. Dia mengungkapkan, pelantikan akan berlangsung mulai pukul 15.00 WIB, Senin (16/10/2017).

Selesai pelantikan, pukul 17.30 WIB, Anies-Sandi menuju Balai Kota Jakarta.

"Di balai kota ada serah terima jabatan. Lalu magrib, break. Jam 19.00 WIB dilanjutkan sidang paripurna DPRD dan pukul 21.00 WIB, dilanjutkan acara bersama rakyat," ujar Anies di Jakarta, Kamis, 12 Oktober 2017.

Anies lebih memilih istilah selamatan ketimbang syukuran ketika usai menerima amanah barunya itu. Menurut dia, kedua istilah tersebut sebenarnya tidak memiliki perbedaan berarti. Hanya penamaannya dinilai lebih tepat dengan kata selamatan.

"Kita jangan syukuran. Boleh-boleh saja syukuran, tapi pilkada sudah selesai kemarin. Sekarang ini selamatan, memulai babak baru, memulai amanat baru. Mari kita mulai dengan mendoakan, semoga Allah yang Mahakuasa memudahkan," ujar Anies.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gagal Move On

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melantik Anies Baswedan-Sandiaga Uno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur baru DKI Jakarta. Namun, relawan pimpinan sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat, belum bisa menerimanya.

Hal tersebut terlihat pada acara Kaleidoskop Jakarta dan Terima Kasih Gubernur DKI 2012-2017.

Presenter Charles Bonar Sirait menyapa simpatisan Basuki-Djarot (BaDja) dalam acara tersebut. Pembawa acara kondang ini lalu bertanya kepada ratusan pendukung Ahok-Djarot soal move on.

"Pilihan politik kita boleh beda, tapi kita harus move on, bisa enggak?" tanya Charles dari atas panggung di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Sabtu 14 Oktober 2017.

Pertanyaan Charles pun langsung dijawab, "Tidak!"

"Waduh, bener-bener belum bisa move on ya?" timpal Charles.

Dia pun mengingatkan massa, pemimpin baru DKI Jakarta segera dilantik. Mereka pun harus menerima kenyataan itu.

"Mari kawan-kawan mari move on, dan kita minta sambut next week sudah punya gubernur baru ya," pungkas Charles.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.