Sukses

Megawati Singgung soal 'Koalisi' Semangka di Pilkada Jatim

Megawati meminta Saifullah Yusuf dan Azwar Anas agar solid dan terus bekerja sama untuk menduduki Kursi Jatim 1.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyampaikan, calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf dan Abdullah Azwar Anas yang diusung partainya itu merupakan pasangan yang pas.

Jika dikategorikan dalam warna, Saifullah Yusuf sebagai hijau dan Abdullah Azwar Anas dengan merah.

"Kalau Jawa Timur itu kan daerahnya sudah dari dulu ada Mataraman. Ada yang namanya Tapal Kuda. Ada yang namanya bagian hijau, ada yang namanya bagian merah," tutur Megawati di Markas PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (15/10/2017).

Saifulllah Yusuf atau dikenal dengan Gus Ipul sendiri merupakan kader Nahdlatul Ulama (NU), sehingga identik dengan warna hijau. Sementara Abdullah Azwar Anas merupakan politikus PDIP dengan ciri khas warna merah.

"Jadi simbolnya, katanya buah semangka. Kalau saya bilang enggak mau. Kalau saya maunya semangka yang merah di luar, hijau di dalam, tapi kan enggak ada yang begitu," jelas dia.

Sebab itu, Megawati lantas mengganti warna hijau-merah menjadi merah-putih sebagaimana simbol bendera Indonesia. Sosok yang diusung PDIP dalam ajang Pilgub Jatim 2018 pun disebut pasangan merah putih.

"Tapi kan belum ada (semangka begitu). Adanya selalu hijau di luar, merah di dalam. Jadi saya bilang ini bukan soal hijau atau merah, ini adalah merah-putih untuk Indonesia Raya," ujar Megawati.

Ia kemudian meminta keduanya agar solid dan terus bekerja sama untuk menduduki kursi Jatim 1.

"Awas lho ya kalau enggak menang di Jawa Timur. Nah saya sudah mulai kebiasaan ini sama anak-anak buah saya juga yang PDI Perjuangan. Solid. Awas jika tidak solid. Nah semua pasti siap," Megawati menandaskan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.