Sukses


Netizens Bacerita Rame-rame Deng MPR RI Berlangsung Dinamis

Netizens Bacerita Rame-rame Deng MPR RI di Manado

Liputan6.com, Manado "Netizens Bacerita Rame-rame Deng MPR RI" adalah judul acara Netizens Ngobrol Bareng MPR RI yang berlangsung di Ruang Maleosan Swiss-Belhotel, Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut), Sabtu (14/10/2017).

"Kami datang untuk bekerja sama dengan komunitas Netizen di Manado untuk mencari masukan guna membantu MPR dalam menyosialisasikan Empat Pilar MPR," ujar Rharas Estining Palupi, Kepala Bagian Pemberitaan, Hulembaga, dan Layanan Informasi, Biro Humas, Setjen MPR RI.

Dalam acara yang dimotori oleh Kepala Bagian Pusat Data dan Sistem Informasi (PDSI) Biro Humas Setjen MPR, Andrianto, ini berkumpul sekitar 50 netizens, terdiri dari komunitas Video Blogger (Viblog), Blogger, dan wartawan online di Kota Manado. Di antara para netizens terdapat Jopie Worek, seorang Blogger yang juga wartawan senior dan teolog. Selain itu, hadir pula Pendeta Deni Pinontoan dari komunitas blogger Mowale Movement, serta Reiner Ointoe, seorang budayawan senior.

Acara yang dipandu oleh Yaoli Rindingan, seorang dosen IT Universitas Sam Ratulangi Manado, tersebut menampilkan narasumber Andrianto, Rharas Estining Palupi, dan Reiner Ointoe.

Bincang-bincang tersebut berlangsung santai tapi sangat dinamis. Acara bincang-bincang ini dinilai peserta penting, karena dilakukan MPR sebagai upaya mengembangkan budaya literasi dengan memanfaatkan teologi informasi.

"Upaya MPR mengembangkan tradisi literasi ini dapat digunakan sebagai senjata menghadapi perang asimetris, termasuk hoax," ucap Reiner.

Apa yang disampaikan oleh Reiner tersebut diperjelas lagi oleh Andianto. Menurutnya, dengan memperbanyak pengetahuan literasi bisa menjadi perisai untuk menghalau informasi yang bersifat negatif.

"Jadi, pentingnya pengetahuan untuk menangkal informasi yang tidak benar," kata dia.

Untuk itu, Andrianto berharap para netizens memberikan masukan kira-kira program apa saja yang dibutuhkan MPR dalam mengembangkan sosialisasi Empat Pilar di masa akan datang. Dari para peserta muncul beberapa usulan, antara lain perlunya deklarasi Netizens Manado untuk melawan hoax dan sebagainya.

Begitu pula Rharas berharap, para netizens menulis apa saja terkait materi MPR yang sifatnya menyosialisasikan Empat Pilar dengan gaya bahasa dan angle masing-masing dan sesuai dengan spesialisasi masing-masing blogger.

 

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini