Sukses

Abdullah Azwar Anas, Pembangun Banyuwangi Maju di Pilkada Jatim

Abdullah Azwar Anas pernah menjadi anggota MPR termuda pada 1997. Di tangannya, Banyuwangi menjadi daerah yang berkembang pesat.

Liputan6.com, Jakarta - Abdullah Azwar Anas ditetapkan sebagai cawagub PDIP untuk Pilkada Jatim 2018. Ia mendampingi Saifullah Yusuf sebagai calon gubernur.

Azwar Anas kini masih menjadi Bupati Banyuwangi di periode kedua. Pria kelahiran Banyuwangi, 6 Agustus 1973, ini sudah lama melaju di jalur politik.

Kiprahnya di kancah politik dimulai saat berusia 24 tahun. Ia menjadi anggota MPR RI Utusan Golongan termuda pada 1997. Dua tahun sebelumnya, Azwar juga mendapatkan penghargaan sebagai Mahasiswa Berprestasi 1995 dari Universitas Indonesia.

Azwar Anas memilih Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Di sana, ia menjadi Wakil Sekjen DPP PKB pada 2001. Pada Pemilu 2004, Azwar terpilih menjadi anggota DPR dari daerah pemilihan Jatim III meliputi Banyuwangi, Bondowoso, dan Situbondo.

Sebagai wakil rakyat 2004-2009, Azwar Anas terlibat di sejumlah Pansus dan alat kelengkapan DPR lainnya. Ia pernah menjadi wakil ketua Pansus RUU Pilpres, Pansus Tata Ruang, Pansus RUU ITE, dan Panitia Anggaran.

Ia juga menjadi salah satu penggagas lahirnya Angket BBM, BLBI, Angket Haji, dan Angket Hak Rakyat untuk memilih DPT.

Selama menjadi bupati, Azwar Anaz meluncurkan berbagai program. Di antaranya Banyuwangi Ethno Carnival, Banyuwangi Jazz Festival, Tour de Ijen, dan Banyuwangi Festival.

Dia juga meluncurkan perencanaan wisata Banyuwangi dengan konsep eco-tourism. Di tangannya, Banyuwangi diperhitungkan sebagai daerah yang berkembang pesat.

Pada Pilkada 9 Desember 2015, Azwar Anas kembali mencalonkan dirinya sebagai Bupati Banyuwangi bersama Yusuf Widyatmoko. Ia sukses kembali memenangkan kontes demokrasi ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.