Sukses

Saifullah Yusuf, Orang Dekat Gus Dur yang Jadi Cagub Pilihan PDIP

Saifullah Yusuf mengawali karier politiknya dengan bergabung ke GP Ansor. Dua kali dia menjabat ketua umum dan kemudian bergabung ke PDIP.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menetapkan Saifullah Yusuf sebagai calon Gubernur Jawa Timur. Saifullah dipasangkan dengan Abdullah Azwar Anas untuk bertarung dalam Pilkada Jatim 2018 mendatang.

Saifullah bukanlah orang baru di dunia perpolitikan nasional dan juga Jawa Timur.

Saat ini Saifullah atau yang akrab disapa Gus Ipul menjabat sebagai Wakil Gubernur Jatim. Dia mendampingi Gubernur Soekarwo atau Pakde Karwo memimpin Jawa Timur dari 2013 hingga 2018.

Jabatan wagub ini merupakan yang kedua setelah sebelumnya pada 2009-2013, dia bersama Soekarwo juga memenangkan Pilkada Jatim.

Di kancah nasional, nama politikus yang lahir di Pasuruan, Jawa Timur, 28 Agustus 1964 ini, telah lama dikenal.

Dia pernah menjabat sebagai Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, periode 2004-2007.

Gus Ipul pernah menjadi Ketua Umum GP Ansor selama dua periode, yaitu 2000-2005 dan 2005-2010.

Usai menjadi Ketua Umum GP Ansor, Gus Ipul melanjutkan karier sebagai salah satu ketua di PBNU, di bawah kepemimpinan KH Said Aqil Siradj.

Sepak terjang Gus Ipul dalam dunia politik juga terekam saat dia menjadi kader PDIP pada 1999 sampai 2000.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kepercayaan Gus Dur

Saat menjadi kader PDIP, Saifullah Yusuf berkesempatan menjadi anggota DPR RI. Saat itu, ia dinilai sebagai lambang aliansi dari Abdurrahman Wahid dan Megawati Soekarnoputri, karena Saifullah adalah orang kepercayaan Gus Dur dan ditempatkan di PDIP.

Hanya setahun Gus Ipul berada di PDIP. Ia kemudian melanjutkan karier politik di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), besutan Gus Dur. Ketika di PKB, dia pernah dipercaya menjadi Sekretaris Jenderal PKB.

Kini, Saifullah Yusuf akan kembali bertarung memperebutkan kursi gubernur Provinsi Jawa Timur di Pilkada Jatim 2018, bersama pendampingnya, calon wakil gubernur Abdullah Azwar Anas.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini