Sukses

Resahnya Warga Kampung Akuarium Tunggu Pelantikan Anies-Sandi

Liputan6.com, Jakarta - Jelang pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, warga Kampung Akuarium, Luar Batang, Jakarta Utara, bersorak. Salah satunya Topaz. Tokoh masyarakat paruh baya ini menyambut positif pelantikan Anies-Sandi pada 16 Oktober 2017.

"Harapan kami sebagai warga, apa yang mereka rencanakan untuk kampung ini segera diwujudkan," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Kamis 12 Oktober 2017.

Janji Anies-Sandi dalam kampanyenya mengatakan, siap memberi keadalian bagi tiap warga DKI. Kondisi permukiman Kampung Akuarium yang tergusur di era Basuki-Djarot, diyakinkan oleh Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih DKI itu untuk ditata ulang sehingga layak.

"Kalau janjinya kan begitu (ditata ulang) dan semoga itu terwujud dan tidak janji politik semata," harap Topaz.

Topaz mengatakan, saat ini warga Kampung Akuarium dalam kondisi normal. Penjagaan Satpol PP sudah tidak ada dalam satu bulan terakhir.

"Jelang pelantikan ini sudah tidak ada mereka (Satpol PP) berjaga. Mungkin ini andil dari tim transisi Anies-Sandi yang sudah mulai bekerja sejak terpilih," kata Topaz.

Secara umum, Topaz melihat warga Kampung Akuarium percaya dengan Anies-Sandi. Diakui, hanya butuh sedikit kesabaran untuk mewujudkan harapan mereka.

"Tingkat kepercayaan warga saya lihat, mereka amanah, dan sudah ada kerjanya dengan tim transisi. Kemarin Pak Sandi juga baru nengok kami di Hari Habitat Internasional. Beliau berpesan untuk bersabar, nunggu dilantik untuk melaksanakan pembangunan di sini," tandas Topaz.

1 dari 2 halaman

Janji Anies

Gubernur terpilih DKI Jakarta, Anies Baswedan kembali menegaskan komitmennya terkait masalah penggusuran di Jakarta. Termasuk yang terjadi di kawasan Kampung Akuarium, Jakarta Utara.

"Sejak bulan Oktober (2016), saya sudah sampaikan moratorium penggusuran karena masa kampanye dan dua minggu lalu warga Jakarta sudah mengambil sikap, pilihan warga Jakarta harus dipertimbangkan," ucap Anies saat ditemui di Asrama Haji Pondok Gede, Makasar, Jakarta Timur, Kamis (4/5/2017).

Sementara itu, terkait penataan di Kampung Akuarium, nantinya Anies berencana menata ulang kawasan tersebut. Hal itu akan dilakukan jika nanti sudah resmi memimpin DKI Jakarta.

"Ditata ulang dan kita mau rencanakan musyawarah, saya sampaikan dari kemarin. Jangan membayangkan solusi itu sekadar muncul dari tangan pemerintah seakan-akan kami yang paling tahu," ujar Anies.

"Ada banyak pihak, kita musyawarah dengan warga, dengan contoh-contoh penyelesaian di banyak tempat dan termasuk di situ sudah ada gambar rumah yang akan dibangun di sana," jelas dia.

Saksikan video di bawah ini: