Sukses

Sandiaga: Selama Jadi Wagub, Gaji Saya Serahkan Badan Amil Zakat

Sandiaga Uno menegaskan tidak akan menerima gaji selama resmi menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Sandiaga Uno menegaskan tidak akan menerima gaji selama resmi menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Uang itu akan diserahkan untuk kepentingan sosial di Jakarta.

"Gaji pertama dan lima tahun ke depan tidak akan ada yang diambil. Insya Allah untuk memakmurkan anak-anak yatim, fakir miskin, dan dhuafa," ujar Sandiaga saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, (12/10/2017).

Berbagai fasilitas termasuk gaji dan tunjangan sebagai sebagai wakil gubernur tentunya otomatis akan melekat kepadanya. Namun Sandiaga mengaku siap menunaikan janjinya saat masa kampanye bahwa ia tidak akan mengambil gaji jika terpilih sebagai wakil gubernur.

"Sudah semuanya akan dikelola Badan Amil Zakat, infaq, sadaqoh yatim dan dhuafa," ucap Sandiaga.

Saat kampanye masa Pilkada DKI Jakarta, Sandiaga pernah berkomitmen tidak akan menerima gaji jika menjabat di Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Gaji itu nantinya akan disumbangkan kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

"Seluruh gaji saya untuk kaum yatim dhuafa dan fakir miskin. Bahkan saat saya berkeliling di Jakarta, masih terdapat warga yang tidak sejahtera," ucap Sandiaga di Tebet, Jakarta Selatan, Minggu 23 April 2017.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kekayaan Sandiaga

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta juga pernah merilis kekayaan para calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta. Dari data itu tercatat Sandiaga Uno memiliki kekayaan paling besar dengan dengan total kekayaan mencapai Rp 3,8 triliun.

"Ya saya merasa ini bukan harta saya, milik Allah, saya cuma ketitipan saja, pasti ada tugasnya, karena nanti pasti ditanya sama masyarakat di DKI dan juga akhirat," ucap Sandiaga Uno di Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta Pusat tahun lalu.

Pada pelaporan LHKPN, 29 September 2016, Sandiaga Uno melaporkan harta kekayaannya ke KPK senilai Rp 3,856 triliun dan 10,35 juta dolar AS. Sedangkan harta Anies yang dilaporkan pada 20 September 2016 mencapai Rp 7,3 miliar dan 8.893 dolar AS.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.