Sukses

Polisi: Keamanan Kawasan Puncak Siaga 2 Tidak Benar

Hasbi mengakui, kawasan Puncak memang sempat terjadi kemacetan selama beberapa jam kemarin, akibat aksi protes pedagang.

Liputan6.com, Bogor - Beredar pesan berantai kawasan Puncak Bogor tengah siaga 2. Namun, kepolisian membantah kabar tersebut. Sebab, saat ini situasi mulai dari Cisarua hingga Cipanas kondusif. Begitu pula kondisi arus lalu lintas di kawasan wisata ini.

"Tidak ada siaga-siaga apa pun karena memang tidak ada kejadian, dan masyarakat Puncak sangat kondusif," kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasbi Ristama, Bogor, Jawa Barat, Kamis (12/10/2017).

Hasbi mengakui, kawasan Puncak memang sempat terjadi kemacetan selama beberapa jam kemarin. Kemacetan karena adanya aksi protes pedagang di Ciloto, Cianjur, dengan cara membakar kayu dan menghalangi kendaraan dengan material lainnya di tengah jalan.

"Namun, kejadian tersebut segera diatasi dan tidak terjadi kemacetan yang panjang. Para pedagang juga membersihkan kembali puing-puing tersebut," dia menegaskan.

Sementara, Kapolsek Pacet Cianjur Kompol Rusdi Hayat menegaskan, situasi di ruas Jalan Ciloto-Cipanas sekarang ini kondusif. Kondisi arus lalu lintas pun normal.

"Kemarin pedagang membongkar lapaknya sendiri, terus ada yang bakar-bakar di jalan, tapi tidak berlangsung lama," kata Rusdi, saat dikonfirmasi.

Menurut Rusdi, aksi yang dilakukan pedagang sebagai bentuk kekecewaan kepada pemerintah daerah, karena pembongkaran kios tanpa diberikan tempat relokasi.

Sebenarnya, ucap Rusdi, jadwal penertiban lapak pedagang dilakukan hari ini. Namun akhirnya eksekusi ditunda, menyusul adanya kericuhan pada kemarin sore.

"Tadi dilakukan pertemuan di kantor Desa Ciloto untuk mencari solusinya. Keinginan pedagang pembongkaran ditunda sampai ada tempat relokasi," Rusdi menandaskan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan Berantai

Sebelumnya beredar pesan berantai melalui WhatsApp dan Facebook, yang berisi informasi kawasan Puncak sedang siaga 2, akibat adanya aksi protes dari pedagang yang menolak penertiban untuk proyek pelebaran jalan raya Puncak.

Berikut pesan berantai yang beredar:

"Yang belum tau kondisi puncak saat ini, kondisinya sedang siaga 2. Dihimbau kepada teman-teman semua jangan dulu ngetrip atw main ke Puncak Bogor. Dikarenakan warga Puncak sedang demo besar-besaran, akibat pembongkaran warung-warung di pinggir jalan. Akses jalur Puncak macet total, sampai Kota Bogor hingga tol Jagorawi."

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.