Sukses

Survei Indikator: Ekonomi dan Keamanan Membaik di Tangan Jokowi

Bahkan, keyakinan ini, kata Burhanuddin, membuat masyarakat percaya ekonomi ke depan semakin membaik di pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga survei Indikator Politik Indonesia mencatat, keadaan ekonomi membaik di tangan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, masyarakat memercayai keadaan ekonomi membaik dibanding tahun lalu.

"Sebanyak 43,3% menyatakan membaik, 34,1% menyebut tidak berubah, 18,4% memburuk, dan 4,1% tidak tahu atau tak menjawab," ucap dia di kantornya, Jakarta, Rabu (11/10/2017).

Bahkan, keyakinan ini, kata Burhanuddin, membuat masyarakat percaya ekonomi ke depan semakin membaik di pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.

"Sebanyak 65% membaik, 18% tidak berubah, 5% memburuk, 12% tidak tahu atau jawab," kata dia.

Kendati, kata Burhanuddin, masih ada yang menyebut banyak terjadi kemiskinan walaupun angkanya menurun dibandingan survei Agustus 2016.

Hasil survei tercatat, 50% menyebut semakin banyak kemiskinan, 14% semakin berkurang, 31% sama saja, 5% tidak tahu atau tidak menjawab. "Survei hari ini 42% semakin banyak, 24% semakin berkurang, 31% sama saja, dan 2% tidak tahu atau tidak menjawab," papar Burhanuddin.

Menurut Burhanuddin, membaiknya ekonomi didukung kepercayaan masyarakat bahwa keamanan semakin baik. Hampir 58% menyebut keamanan membaik.

"Sebanyak 58% baik, 4% sangat baik, 27% sedang, 10% buruk, 1% sangat buruk, dan 1% tidak tahu atau tidak jawab," Burhanuddin menandaskan.

Survei yang dilakukan 17-24 September 2017 ini menggunakan multistage random sampling dengan 1.220 responden di seluruh wilayah Indonesia. Adapun margin of error +/- mencapai 2,9%.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukti Jokowi Bekerja

Politikus PDIP Puti Guntur Sukarno mengatakan, survei ini menjadi indikator bahwa kerja Presiden Jokowi selama ini bukanlah pencitraan, tapi membuktikan bekerja dengan baik.

"Kita bisa melihat bahwa ini salah satu pembuktian dari beliau mulai maju di pemilu dengan janjinya, bukan hanya janji manis saja. Ini tanda Pak Jokowi mendapat keyakinan dari masyarakat," kata Puti.

Menurut Puti, PDIP maupun partai koalisi pemerintahan menyabut baik hasil survei tersebut. Sebab masyarakat merasa puas dengan kinerja Presiden Jokowi.

"Ini hal yang menggembirakan bagi PDIP dan partai pendukung Jokowi-JK," Puti menandaskan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.