Sukses

Jumlah Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Terus Bertambah

BPJS Ketenagakerjaan dan Bupati Tanah Laut meresmikan Desa Pandan Sari sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Liputan6.com, Jakarta BPJS Ketenagakerjaan telah meresmikan Desa Pandan Sari di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Peresmian ini dilakukan oleh Direktur Perluasan Kepesertaan & HAL, E. Ilyas Lubis dan Bupati Tanah Laut H. Bambang Alamsyah.

Program Desa Sadar Jaminan Sosial sendiri merupakan inovasi dari BPJS Ketenagakerjaan untuk bekerjasama dengan aparat desa dalam memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat pekerja di desa agar lebih memahami manfaat dari program BPJS Ketenagakerjaan.

Direktur Perluasan Kepesertaan & HAL, E. Ilyas Lubis menjelaskan Desa Pandan Sari terpilih karena telah memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

"Salah satu diantaranya adalah telah terdaftarnya Kepala Desa dan perangkatnya pada program BPJS Ketenagakerjaan," ujar Ilyas Lubis pada rangkaian Launching Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan pada Rabu, (11/10) di Pendopo Bupati Tanah Laut Pelaihari, Kalimantan Selatan.

Rangkaian Kegiatan Launching Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini telah dilaksanakan di beberapa daerah, antara lain Provinsi Aceh, Kabupaten Karanganyar, dan terakhir di Raja Ampat, Sorong, besok juga akan diresmikan untuk kegiatan yang sama di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

“Tujuan dibentuknya Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini agar masyarakat Desa mengenal lebih dekat program-program BPJS Ketenagakerjaan sehingga menimbulkan kesadaran akan pentingnya perlindungan jaminan sosial ini, juga agar muncul kesadaran para perangkat desa untuk mensejahterakan masyarakatnya yang juga para pelaku ekonomi, antara lain dalam bidang: Yayasan/BUMDes, tenaga ahli/pendamping desa”, papar Ilyas pada sambutannya.

“Hal ini sejalan dengan Nawa Cita Presiden Jokowi poin 3, yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka Negara dan Kesatuan, serta poin 5 meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan program "Indonesia Kerja" dan "Indonesia Sejahtera" dalam mendorong land reform serta Jaminan Sosial untuk seluruh rakyat di tahun 2019,” pungkas Ilyas.

Ilyas juga menambahkan bahwa program ini juga sebagai upaya pemerataan kesejahteraan melalui perlindungan jaminan sosial kepada aparatur desa dan masyarakat desa keseluruhan dengan berbagai profesi. 

"Desa sadar ini sebuah tindak nyata dari BPJS Ketenagakerjaan dimana dalam hal ini juga dilakukan pembinaan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat desa akan pentingnya sebuah jaminan sosial dalam menghadapi risiko-risiko sosial yang dapat menimpa kita dimanapun dan kapanpun," tutup Ilyas.

 

Powered By:

BPJS Ketenagakerjaan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini