Sukses

Kisah Perjuangan Hidup Ibu Penjual Kopi Sebelum Monica ke Kanada

Kehidupan yang sederhana membuat Purwati harus mengikhlaskan Monica tinggal bersama yayasan di Yogyakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Purwati, perempuan 46 tahun ini mendadak tenar setelah sang anak, Monica, hendak bepergian ke Kanada. Monica masuk program The WHO 8th Milestone of Global Campaign for Violence Prevention, di Ottawa, pada 19-20 Oktober 2017.

Anak keempat dari Purwati itu lulus seleksi untuk berangkat ke Kanada, setelah mengirimkan artikel tentang mengakhiri kekerasan anak.

Lahirnya prestasi membanggakan ini tak lepas dari perjuangan Purwanti, yang berpeluh setiap hari sebagai penjual kopi keliling di Jakarta Pusat. Perempuan paruh baya itu sudah berjualan kopi keliling sejak 2003. Namun, penghasilan Purwanti tidak tetap. Rata-rata Purwati mengantongi keuntungan Rp 20 ribu hingga Rp 50 ribu setiap harinya.

"Bisa Rp 50 ribu, paling gede. Kadang Rp 20 ribu," ujar dia di RPSA Bambu Apus, Jakarta Timur, Rabu (11/10/2017).

Kehidupan yang sangat sederhana, membuat Purwati harus mengikhlaskan Monica tinggal bersama yayasan di Yogyakarta. Sedangkan, Purwati tinggal di Jalan Gandastuli, Jakarta Pusat.

Meski berpenghasilan minim, semangat Purwati tak pernah kendur untuk membiayai sekolah Monica, yang masih duduk di bangku sekolah menengah pertama itu.

Jelas, kunjungan Monica ke Kanada jadi penawar kegetiran hidup yang selama ini akrab menjadi teman sehari-hari. Bahkan, bagi Purwati ini seperti mimpi.

"Percaya tidak percaya, kok bisa, ya? Mungkin jalan dari Tuhan," tutur dia.

Purwati sempat ragu dengan rencana keberangkatan sang anak ke negara bagian Amerika utara itu. Purwanti bertanya-tanya, apakah Monica akan dipinang warga Kanada?

"Tapi ternyata itu salah semua isunya. Ternyata berangkat ke Kanada untuk acara itu," ungkap ibu lima anak ini.

Purwati pun berpesan kepada kaum ibu agar tidak mudah menyerah dalam berjuang mendidik dan membesarkan anak-anaknya.

"Semoga ibu-ibu jangan sampai diputuskan sekolah anaknya, karena bikin kita sedih. Tapi kalau kita bersemangat didik anak kita dengan cara apa pun, termasuk berdoa," Purwati mengakhiri perbincangannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mencari Sang Ibu

Perjuangan mencari sang ibu cukup melelahkan sebelum Monica berangkat ke Kanada. Ada tanda tangan sang ibu yang harus tertera di visa.

Sempat waswas tak bisa menemukan sang Ibu, kini Monica bisa bernapas lega setelah Kementerian Sosial turun tangan membantunya.

Nama Purwati ditemukan dalam daftar penyandang kesejahteraan sosial DKI Jakarta.

"Para outreacher Dinas Sosial langsung hunting mencari ibunya Monica dan ditemukan datanya," kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di RPSA Bambu Apus, Jakarta Timur, Rabu.

Kini, Monica sudah mendapat tanda tangan ibunya. Namun, perizinan dokumen mengharuskan pengisian form data diri terkait status tempat tinggal dan segala macamnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.