Sukses

Jokowi Bagi 5.100 Sertifikat Tanah untuk Warga Tangsel

Untuk Tangsel sendiri, sertifikat yang akan diserahkan berjumlah 5.100.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan menyerahkan 10 ribu sertifikat tanah kepada warga di Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Kasi Pengadaan Tanah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Tangsel, Gholib Syaifudin menjelaskan, Jokowi akan menyerahkan secara simbolis langsung kepada masyarakat.

"Bapak Presiden hadir ke Tangsel dalam acara penyerahan sertifikat tanah untuk wilayah Tangerang Raya," kata Gholib, Tangsel, Rabu (11/10/2017).

Untuk Tangsel sendiri, sertifikat yang akan diserahkan berjumlah 5.100, dalam gelar program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) atau istilah dulunya Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona) yang tahap pertama tahun lalu yang digelar di Kecamatan Ciputat.

"Sebetulnya program ini sudah selesai sejak lama, namun untuk penyerahan langsung diserahkan oleh Presiden," katanya.

Saksikan vidio pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Total 10.100 Sertifikat

Sementara, total penyerahan sertifikat ada 10.100 sertifikat, di antaranya Tangsel 5.100, Kota Tangerang 2.000 dan Kabupaten Tangerang 3.000 sertifikat.

BPN kembali melakukan kegiatan yang sama PTSL atau Prona sebanyak 30 ribu pada sasaran masyarakat wilayah Kecamatan Ciputat Timur, Pondok Aren dan Setu. Hingga saat ini program tersebut masih berjalan dalam tahapan sensus.

Melalui program PTSL masyarakat yang memiliki surat-surat tanah seperti girik, akta jual beli tanah atau pernah melakukan jual beli tanah di bawah tangan, bisa diurus agar memperoleh sertifikat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.