Sukses

Sebelum Dilantik, Sultan Hamengku Buwono X Ikuti Kirab di Istana

Sebelum acara pelantikan, akan dilakukan acara kirab menuju Istana Negara yang juga diikuti oleh Presiden Joko Widodo.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini akan melantik Sultan Hamengku Buwono X sebagai Gubernur DIY Yogyakarta. Pelantikan akan digelar di Istana Negara Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.  

"Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY Yogyakarta masa jabatan 2017-2022 dilakukan pukul 16.00 WIB nanti," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, Selasa, (10/10/2017).

Jadwal pelantikan ini mengalami perubahan dari rencana semula. Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sumarsono, perubahan jadwal itu hanya karena masalah waktu dan teknis semata.

"Karena jadwal (Presiden) ada perubahan agenda, sekaligus hari ini terakhir Sultan menjabat sebagai Gubernur maka sekalian dilantik hari ini," kata Sumarsono kepada Liputan6.com di Jakarta, Selasa (10/10/2017) .

Berdasarkan jadwal yang dilansir oleh Biro Pers Media Istana Kepresidenan, sebelum acara pelantikan, akan dilakukan acara kirab menuju Istana Negara.

Kirab dilakukan setelah acara penyerahan petikan surat Keputusan Presiden kepada Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta masa jabatan 2017-2022 pada pukul 15.45 WIB.

Proses kirab ini juga pernah dilakukan oleh Presiden Jokowi-JK saat melantik sejumlah Gunernur dan Wakil Gubernur terpilih hasil Pilkada Serentak. Kirab dilakukan dari halaman depan Istana Merdeka hingga pintu masuk Istana Negara. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut: 

https://www.vidio.com/watch/471423-ketika-sultan-yogyakarta-menggeber-kebo-bule

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.