Sukses

PKS Targetkan Raih 12 Persen di Pemilu 2019

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mohamad Sohibul Iman meminta kepada DPW PKS Jawa Timur untuk melakukan berbagai komunikasi kepada berbagai kandidat yang telah muncul.

"Kami di DPTP akan memilih satu di antara dua nama atau dua pasang nama yang disodorkan oleh DPW. Tentu pertimbangannya sangat rasional. DPP tidak pernah mengharuskan koalisi dengan partai A atau partai B. Melihat bagaimana realitasnya dan bagaimana pilihan rasionalnya," ujar Sohibul dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Jakarta, Selasa (10/10/2017).

Menurut dia, Pilkada 2018 ini adalah milestone penting dalam rangka menuju pemenangan 2019.

"Di Pilkada 2015 kita memenangkan 52 persen pilkada. Naik menjadi 56 persen di pilkada 2017. Nah di tahun 2018 kita menargetkan dapat memenangkan 60 persen pilkada. Termasuk di 18 Kabupaten/Kota di Jawa Timur ini," terang Sohibul Iman.

Sohibul Iman menyampaikan PKS menargetkan mendapatkan suara sebesar 12 persen. "Kita ingin naik kelas dari partai menengah yang berada di kisaran 5-12 persen, menuju partai papan atas di angka 12 persen," ujar Sohibul Iman.

Sementara saat ini, kata Sohibu, PKS tengah menyiapkan calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung.

"Namun demikian kami masih konsentrasi pada pemenangan Pilkada 2018. Boleh saja kader dan pengurus di daerah menyampaikan nama-nama, pada saatnya nanti kita akan lakukan pembahasan, termasuk dengan partai-partai yang akan berkoalisi. Sebab, jika Undang-undang pemilu tidak berubah, maka diperlukan minimal 20 persen kursi untuk dapat mengusung calon," tutur mantan Wakil Ketua DPR RI ini.

1 dari 2 halaman

Tunggu Arahan Kiai

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa disebut-sebut telah mendaftar calon gubernur untuk Pilkada Jawa Timur 2018. Namun, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) belum tahu calon yang akan diusungnya.

Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini mengatakan, partainya akan mengikuti arahan dari kiai di Jawa Timur, sebelum menentukan calon gubernur yang akan diusung.

"PKS akan ikut arahan para kiai di Jawa Timur. Apa kata para kiai itu yang akan kami ikuti," ujar Jazuli kepada Liputan6.com di Jakarta, Senin (2/10/2017).

Sementara, disinggung soal PKS sudah berkomunikasi dengan calon yang akan diusung, Jazuli enggan menanggapi.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa disebut-sebut telah mendaftar Pilkada Jawa Timur 2018. Dua utusan Khofifah telah mengambil formulir pendaftaran di DPD Partai Demokrat, akhir pekan kemarin.

Partai Demokrat membenarkan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa telah mendaftar ke partainya, untuk maju sebagai calon gubernur di Pilkada Jawa Timur 2018.

Saksikan video di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Mimpi 55 Medali Emas SEA Games Kandas
Artikel Selanjutnya
PKB Umumkan Usung Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar September Ini