Sukses

Salju Tebal, Bandara Lumpuh

Salju yang menumpuk tebal dan cuaca buruk di Eropa, mengakibatkan beberapa bandara terpaksa harus membatalkan banyak jadwal penerbangan.

Liputan6.com, Berlin: Cuaca di Eropa, yang semakin dingin dan disertai kabut beku selama musim dingin kali ini menimbulkan tumpukan salju setebal 5-10 sentimeter. Kondisi ini membuat beberapa orang harus mengurungkan niatnya untuk bepergian. Selain itu, hampir seluruh bandar udara atau bandara di Eropa, ikut lumpuh. Bandara Internasional Frankfurt, Jerman, misalnya, terpaksa membatalkan ratusan jadwal penerbangannya, Senin (20/12) pagi.

Juru bicara Bandara Frankfurt Robert Payne mengatakan: "Setidaknya 325 dari 1.300 penerbangan harus dibatalkan. Hal ini disebabkan oleh cuaca buruk di Jerman atau gangguan penerbangan di bandara." Salah satu gangguan di bandara adalah salju yang menumpuk, mengganggu pesawat yang akan terbang atau mendarat. Ribuan orang yang akan melakukan perjalanan pun telantar dan terpaksa menginap di bandara.

Perusahaan penerbangan British Airways menyarankan penumpang ataupun calon penumpang untuk membatalkan niatnya bepergian. Juru bicara British Airways mengingatkan para penumpang untuk tidak pergi ke Bandara Heathrow, Inggris, kecuali penerbangan mereka memang tidak terganggu. Pasalnya, beberapa penerbangan pun mengalami nasib serupa, hanya dua penerbangan saja yang diizinkan beroperasi.

Keadaan serupa terlihat di Bandara Roissy Charles de Gaulle Paris, Prancis. Bandara tersibuk kedua di Paris, itu pun sempat kewalahan akibat 30 persen penerbangannya dibatalkan. Setidaknya 450 pekerja diterjunkan guna membersihkan es dan salju yang menumpuk.(DES/ANS/CNN/NHK)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.