Sukses

Longsor di Pangandaran, F-PDIP Usul Pemetaan Daerah Rawan Bencana

Diah menilai, daerah selatan Jawa Barat adalah daerah yang mempunyai tingkat kerawanan bencana yang tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota DPR RI Fraksi PDIP Diah Pitaloka mengharapkan kementerian Sosial dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) segera memberi bantuan kepada korban longsor di Pangandaran, Jawa Barat.

Diah menilai, daerah selatan Jawa Barat adalah daerah yang mempunyai tingkat kerawanan bencana yang tinggi. Sehingga perlu di bangun posko logistik bencana Jawa Barat Selatan untuk merespon cepat, terutama di musim hujan seperti saat sekarang ini.

"Bantuan harus segera didistribusikan, jangan sampai masyarakat yang menjadi korban longsor semakin menderita karena pemerintah terlambat mengambil tindakan, " ujar Diah Minggu (8/10/2017).

Anggota Komisi VIII ini mengatakan, pemerintah semestinya membuat peta kawasan rawan bencana. Sehingga masyarakat yang masuk area tersebut dapat dilakukan relokasi atau diberikan pendidikan mitigasi bencana lebih intensif.

"Kita enggak selalu memberikan bantuan saat terjadi bencana, tapi kita membuat masyarakat agar terhindar dari bencana," jelas dia.

Selain itu, Diah mengungkapkan, pencegahan adalah upaya terbaik yang harus dilakukan pemerintah dan masyarakat. Karena nantinya bantuan yang diberikan oleh pemerintah tidak bisa mengembalikan anggota yang hilang akibat bencana.

"Mencegah tetap lebih baik dibandingkan memperbaiki yang rusak, " tutup dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Longsor dan Banjir di Pangandaran 

Longsor di Dusun Sangkanbawang RT. 019/ RW. 008 Desa Kalijati Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran menyebabkan rumah Rusman rusak berat dan mengakibatkan empat korban jiwa. Tidak hanya longsor, terjadi banjir yang terjadi disejumlah titik.

Banjir terjadi di jembatan Cilamian, Cibunian Desa Margacinta Kecamatan Cijulang, Dusun Ciokong 01/01 Desa Sukaresik Kecamatan Sidamulih, belakang ATM BRI Cikembulan Kecamatan Sidamulih, wilayah Pondok Pesantren Babakan Jamanis Dusun Pasir kiara Desa parigi Kecamatan Parigi.

Kemudian Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran, Dusun Girisetra Desa Kalipucang, Kecamatan Kalipucang, 3 RW yang terdampak RW 03 (RT 01 s/d RW 05) RW 02(01 s/d RW 06) RW 01 (RT 02, RT 03), SD Cintaratu Kecamatan Parigi.

Kemudian wilayah Cijalu (Perbatasan Parigi – Pasir Kiara) Kecamatan Parigi, Dusun Ciamanggu RT 01, 02 Desa Cikalong yang mengakibatkan rumah terdampak dan satu rumah Maman (Bagian Rumah Rusak Sedang.

Sementara Dusun Patrol RT 02 RW 03 Desa Cibenda Kecamatan Parigi, Dusun Sukasari dan Dusun Karangnangka Desa Bojong Kecamatan Parig,Dusun Pamotan RT. 01 RW. 03 Desa Pamotan Kecamatan Kalipucang dan Dusun Sentul Desa Sukanagara Kecamatan Padaherang longsor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.