Sukses

4.444 Nyai NU Dukung Gus Ipul Maju Pilkada Jatim 2018

Sebanyak 4.444 orang ibu Nyai Pengasuh Pondok Pesantren berikrar mendukung Saifullah Yusuf atau Gus Ipul sebagai calon Gubernur Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 4.444 orang ibu Nyai Pengasuh Pondok Pesantren berikrar mendukung Saifullah Yusuf atau Gus Ipul sebagai calon Gubernur Jawa Timur dalam Pilkada 2018. Selain para Nyai, Gus Ipul juga mendapat dukungan dari mubalighah, tokoh penggerak, dan aktivis perempuan Nahdlatul Ulama (NU).

"Kami sudah berkomitmen dan bersiap untuk menangkan Gus Ipul di pilkada tahun depan sekaligus mengantarnya sebagai gubernur," ujar Nyai Juwariyah Fawaid usai Halaqoh 4.444 Bu Nyai dan Mubalighoh se-Jatim di Pondok Pesantren Syaichona Moh Cholil Bangkalan di Madura, Sabtu 7 Oktober 2017.

Menurut dia, belajar dari pengalaman Pilkada sebelumnya, NU sebagai jamaah maupun jam'iyah harus tetap menjaga kebersamaan dan kekompakan demi kemaslahatan ummat. Sehingga harus terwujud pada setiap gerak langkah dalam pengambilan keputusan politik yang menimbangkan aspirasi sebagian besar kiai dan pengasuh pondok pesantren.

Bu Nyai asal PP Salafiyah Syafii Sukorejo tersebut sepakat dengan para kiai dan pengasuh Ponpes bahwa kader NU harus mampu berbagi peran dalam berbagai tempat jabatan politik, baik di legislatif, eksekutif, maupun jabatan-jabatan strategis di pemerintah pusat maupun daerah.

"Dalam kaitan itu, kami sejalan dengan keputusan para kiai dan pengasuh pesantren di Jatim untuk mendukung dan mempercayakan sepenuhnya kepada Gus Ipul menjadi calon Gubernur mewakili aspirasi NU dalam Pilkada 2018," kata Juwariyah seperti dilansir Antara.

Ia menjelaskan, dukungan terhadap Gus Ipul menjadi satu-satunya calon mewakili NU berdasarkan pertimbangan, antara lain telah menunjukkan keberhasilan dan ketakdzimannya dalam mendampingi Gubernur Jatim Soekarwo selama dua periode dengan penuh amanah.

"lni menunjukkan kematangannya sebagai pemimpin yang mampu menempatkan diri sebagai wakil yang baik sehingga provinsi ini menorehkan sejumlah prestasi di tingkat nasional," ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kata Gus Ipul

Sementara itu, Gus Ipul mengaku sangat berterima kasih atas dukungan dari Bu Nyai dan Mubalighoh se-Jatim yang membuatnya semakin siap untuk maju pada Pilkada mendatang.

"Saya terharu dan berterima kasih atas dukungannya. Komitmen kami di pemerintahan selama ini tentang pengembangan madrasah diniyah akan terus berjalan. Fokus untuk meminimalisasi kemaksiatan yang muncul dalam berbagai bentuk juga akan bersihkan," kata Gus Ipul.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.