Sukses

Keroncong Kemayoran di Perayaan 50 Tahun Sultan Brunei Bertakhta

Acara itu turut dihadiri Presiden Jokowi dan sejumlah pemimpin dunia, utamanya negara-negara anggota ASEAN.

Liputan6.com, Jakarta - Alunan lagu "Keroncong Kemayoran" dan "Kemesraan" didendangkan dalam acara jamuan santap malam yang digelar di Istana Nurul Iman, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

Selain kedua lagu tersebut, lagu-lagu dari negara anggota ASEAN lainnya juga turut didendangkan. Di tempat itu memang sedang digelar acara Perayaan 50 Tahun Sultan Hassanal Bolkiah Bertakhta.

Acara tersebut dihadiri sejumlah pemimpin dunia, utamanya negara-negara anggota ASEAN.

Berdasarkan keterangan resmi dari Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin‎, Sabtu (7/10/2017) dini hari, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba pada pukul 20.25 waktu setempat (WS) untuk menghadiri perayaan tersebut.

Presiden hadir dengan mengenakan setelan jas berwarna hitam, sedangkan Ibu Iriana tampak anggun mengenakan balutan busana khas tanah Minang, Sumatera Barat.

Di acara ini, Presiden bertemu dengan Presiden Filipina Rodrigo Duterte. Keduanya tampak akrab mengisi waktu dengan berbincang hangat.

Sekitar pukul 20.55 waktu setempat, seluruh pemimpin negara menuju ruang jamuan santap malam. Saat menikmati jamuan makan malam, Jokowi duduk di samping kanan Sultan Hassanal Bolkiah.

Setelahnya, sekitar pukul 22.30 waktu setempat, terdengar bunyi dentuman meriam sebanyak 50 kali. Dentuman tersebut menandakan 50 tahun Sultan Hassanal Bolkiah memimpin Brunei Darussalam. Dentuman tersebut sekaligus mengakhiri acara Perayaan 50 Tahun Sultan Hassanal Bolkiah Bertakhta.

Sebelum meninggalkan Istana Nurul Iman, Presiden dan Ibu Iriana kembali menuju ruang tunggu untuk menunggu antrian rangkaian kendaraan. Di ruang tunggu ini, Presiden menyempatkan diri berswafoto dengan tamu-tamu kehormatan dari berbagai negara.

Di antaranya Presiden Filipina Rodrigo Duterte, Raja Yordania Abdullah II, Yang Dipertuan Agong Malaysia Sultan Muhammad V, Pangeran Edward dan Putri Sofia selaku wakil khusus Ratu Inggris, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, hingga State Counsellor Myanmar Aung San Suu Kyi.

Dalam kesempatan ini, Jokowi dan Ibu Iriana hadir didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.