Sukses

Haul Gus Dur Khidmat

Hujan yang turun dan mengguyur lokasi Pondok Pesantren Tebuireng tidak mengganggu pelaksanaan haul Gus Dur. Polisi kerahkan ratusan personel mengamankan jalannya haul.

Liputan6.com, Jombang: Hujan mewarnai peringatan haul mantan Presiden Republik Indonesia Abdurrakhman Wahid (Gus Dur) di Pondok Pesantren Tebuireng, Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Sabtu (18/12) malam. Kendati hujan, acara tetap berlangsung khidmat.

Ketua panitia pelaksana haul Gus Dur, Lukman Hakim mengatakan, hujan yang turun dan mengguyur lokasi Pondok Pesantren Tebuireng tidak mengganggu pelaksanaan haul. Acara tetap berlangsung dan dimulai dengan doa bersama serta membaca surat Yasin dan tahlil.

Setelah itu Acara disusul dengan sambutan oleh pihak keluarga. Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD juga hadir memberikan tausiah. "Acara berjalan lancar tanpa kendala yang berarti, meski hujan sempat mengguyur," kata Lukman.

Haul Gus Dur juga diisi dengan penampilan atraksi barongsai 15 kelompok barongsai dari seluruh Jatim. Mereka menggelar aksinya di sepanjang jalan mulai dari Alun-alun Jombang menuju ke Pondok Pesantren Tebuireng yang berjarak sekitar lima kilometer.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor (Polres) Jombang Ajun Komisari Besar Polisi Samudi mengaku telah mengerahkan sedikitnya 700 anggotanya untuk mengamankan jalannya haul Gus Dur ini. "Angggota tersebut disiagakan dalam dua model, yaitu sistem pengamanan tertutup dan sistem pengamanan terbuka," katanya.(Ant/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini