Sukses

Peringati HUT ke-72 TNI, Kodam Iskandar Muda Gelar Drama Perjuangan Cut Meutia

Selain drama kolosal perjuangan Cut Meutia, sekitar 200 prajurit Kodam Iskandar Muda juga menggelar atraksi silat dan defile pasukan TNI.

Liputan6.com, Banda Aceh - Peringatan HUT ke-72 TNI digelar dari barat sampai timur Indonesia. Di Banda Aceh, Kodam Iskandar Muda menggelar drama kolosal perjuangan pahlawan nasional Cut Meutia.

Seperti ditayangkan Liputan6 Malam SCTV, Jumat (6/10/2017), drama diawali penyerahan Cut Meutia dari suaminya, Teuku Chik Muhammad atau Teuku Chik Ditunong, kepada Pang Nangroe. Teuku Chik Ditunong meminta sahabatnya untuk menikahi istrinya karena dia akan dihukum mati penjajah Belanda.

Perjuangan melawan Belanda pun diteruskan Cut Meutia yang kemudian hari mendapat gelar pahlawan nasional. Tak hanya Cut Meutia, suaminya juga menyabet gelar itu karena perjuangannya hingga titik darah penghabisan.

Selain drama kolosal perjuangan Cut Meutia, sekitar 200 prajurit Kodam Iskandar Muda juga menggelar atraksi silat dan defile pasukan TNI dari berbagai kesatuan.

Sementara di Denpasar, Bali, peringatan HUT TNI di Lapangan Niti Mandala Renon Denpasar diisi atraksi pembebasan sandera oleh anggota Batalyon Rider Kodam IX Udayana. Untuk membebaskan gubernur dan ketua DPRD yang diculik kelompok teroris, Batalyon Rider mengerahkan kendaraan tempur dan helikopter.

Usai pembebasan, TNI meledakkan sarang teroris. Atraksi yang berlangsung selama 30 menit ini mendapat apresiasi warga.

Sedangkan di Manokwari, Papua Barat, Kodam XVIII Kasuari menggelar sejumlah kegiatan memperingati HUT ke-72 TNI. Upacara tersebut diikuti oleh seluruh unsur TNI dan perwakilan Polda Papua.

Selanjutnya, pentas seni tarian adat Papua dan devile militer turut memeriahkan acara HUT ke-72 TNI. Kodam Kasuari juga mengundang ratusan siswa sekolah dasar (SD) dan masyarakat untuk menonton pameran alutsista yang dilaksanakan di markas komando.