Sukses

Presiden Jokowi Jadi Inspektur Upacara HUT ke-72 TNI di Cilegon

Sejumlah atraksi parade militer siap ditampilkan dalam perhelatan ulang tahun TNI ini.

Liputan6.com, Jakarta - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Tentara Nasional Indonesia (TNI) resmi dihelat hari ini, 5 Oktober 2017.

Momentum perayaan HUT TNI tahun ini akan berlangsung di Pelabuhan Indah Kiat, Cilegon, Banten. Ini adalah kedua kalinya TNI menggelar perayaan HUT di tempat yang sama pada 2015.

Pantauan Liputan6.com, di lokasi pukul 06.30 WIB, ribuan masyarakat sudah memenuhi area Dermaga Kiat Indah, Cilegon, Banten.

Di bagian tribun VVIP, tampak sejumlah pejabat dari berbagai instansi, mulai dari pemerintahan hingga daerah.

Warga padati lokasi peringatan HUT TNI di  Dermaga Kiat Indah, Cilegon Banten (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)

Dalam susunan acara, direncanakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan datang pada pukul 08.00 WIB dan menjadi inspektur upacara, didampingi Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Sejumlah atraksi parade militer siap ditampilkan dalam perhelatan ulang tahun TNI ini. Seperti, aksi drama kolosal menampilkan perjuangan TNI saat masa-masa merebut kemerdekaan.

Setelah itu, berturut-turut ditampilkan berbagai kemampuan dan atraksi alutsista TNI. Seperti tank Leopard, flypass pesawat Cessna, helikopter Colibri, serta aksi dog fight F-16 dan atraksi dari The Jupiter Aerobatic Team.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertanggungjawaban terhadap Rakyat

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo sebelumnya mengatakan HUT TNI yang dilakukan setiap dua tahun sekali itu, sebagai upaya melaporkan pembiayaan perangkat dan sistem persenjataan yang dimiliki TNI kepada rakyat dan Presiden Jokowi. 

"Jadi bukan besar-besaran. Tapi pertanggungjawaban TNI dengan memperlihatkan alutsista yang dimiliki. Bagaimana perkembangan alutsistanya, pasukannya, agar benar-benar mengetahui dan mencintai TNI," ujarnya.

Jenderal bintang empat ini mengatakan akan ada demonstrasi dari alutsista yang dimiliki TNI, termasuk alutsista modern terbaru. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.