Sukses

Anies-Sandi Akan Dilantik Jadi Gubernur DKI 16 Oktober di Istana

Pelantikan akan dilaksanakan di Istana Negara oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Dalam Negeri mengagendakan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno pada Senin, 16 Oktober 2017. Pelantikan akan dilaksanakan di Istana Negara oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Sudah diagendakan. Itu di Istana oleh Presiden biasanya pukul 10.00 WIB," kata Dirjen Otonomi Daerah, Kemendagri Sumarsono saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta Pusat, Rabu (4/10/2017).

Soni panggilan akrab dari Sumarsono menjelaskan rangkaian acara tersebut, yakni pelantikan dengan menyatakan sumpah dan janji jabatan di depan presiden. Selanjutnya, dilanjutkan dengan tanda tangan pakta integritas.

"Agendanya itu saja, tambah di dalamnya ada foto dengan Presiden," ujar dia.

Sumarsono menyatakan, undangan untuk Pemprov DKI Jakarta dan gubernur dan wakil gubernur terpilih akan diserahkan hari kedua sebelum pelantikan.

"Habis pelantikan gubernur baru harus ada tanggung jawab untuk serah terima jabatan dengan gubernur lama," ucap Sumarsono.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sambut Pelantikan

Lalu apa saja persiapan Pemprov DKI jelang pelantikan DKI 1 dan 2?

"Kami masih berkoordinasi dengan Kemendagri," ujar Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri (KDH dan KLN) Provinsi DKI Jakarta, Muhammad Mawardi, saat dihubungi, Selasa 28 September 2017.

Menurut Mawardi, pelantikan akan dilaksanakan di Istana Negara. Oleh karena itu, persiapan terkait pelantikan berada di Kemendagri.

"Rencana pelantikan di Istana, kita lagi menunggu kabar dari Kemendagri," kata dia.

Meski tidak mengoordinasi pelantikan, Pemprov DKI rencananya akan melaksanakan acara pisah-sambut gubernur lama dan baru. "Nanti ada pisah sambut Pak Gubernur," ucap dia.

Saat ini, detail acara pisah-sambut gubernur masih dirapatkan. Rencananya, acara pisah-sambut dari Djarot ke Anies-Sandiaga akan dilaksankan sehari sebelum pelantikan.

"Masih dirapatkan," tandas Mawardi.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Sandiaga Uno adalah pengusaha yang kini mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta
    Sandiaga Uno adalah pengusaha yang kini mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta

    Sandiaga Uno