Sukses

Saat Jokowi Belajar Bahasa Isyarat dari Putra Dewi Yull

Jokowi ngevlog bersama salah satu penyandang disabilitas, Surya Sahetapy.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali membuat video blog atau vlog. Kali ini, Jokowi ngevlog bersama salah satu penyandang disabilitas, Surya Sahetapy. Dia adalah putra dari artis Dewi Yull dan Ray Sahetapy.

"Mirip sekali dengan bapaknya, malah lebih ganteng dan milenial," ujar Jokowi dalam vlog-nya yang diunggah pada 2 Oktober 2017.

"Makasi Pak, makasih banget Pak," ujar Surya dengan menggunakan bahasa isyarat.

Saat berbincang dengan Jokowi, Surya mengajak rekannya untuk menerjemahkan bahasa isyarat agar Jokowi mengerti apa yang dia katakan.

Dalam video itu, Jokowi mengatakan bahwa Surya adalah salah satu penyandang disabilitas tuli di Indonesia. Pemerintah, kata dia, ingin memberikan perhatian agar para penyandang disabilitas itu mendapat kesempatan kerja dan ikut merasakan fasilitas umum.

"Dengar-dengar Surya ingin jadi DJ ya? Gimana ceritanya?" tanya Jokowi.

"Sebenarnya bukan jadi DJ Pak, saya cuma latihan aja. Saya penginnya jadi staf presiden, membantu Presiden bisa membuat Indonesia ramah disabilitas," ujar Surya dengan bahasa isyarat.

"Oh gitu..., bisa bisa..," kata Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi meminta Surya mengajarinya bahasa isyarat. Surya pun menggerak-gerakkan tangannya. Yang artinya, "Bapak Jokowi dan Beliau cinta Indonesia".

"Terima kasih Surya, semoga tercapai cita-citamu, dan menjadi inspirasi bahwa keterbatasan bukan penghalang untuk berkreasi," kata Jokowi.

Surya pun meminta agar vlog Jokowi selalu disertakan teks agar para disabilitas mengetahui isi vlog tersebut.

"Terima kasih Pak, jangan lupa tambahin teks untuk teman-temanku ya Pak?" kata Surya.

Video ini pun dilihat 32.864 netizen dan disukai 3 ribu orang.

Berikut vlog yang diunggah Jokowi:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.