Sukses

Aplikasi SIJAPTI Resmi Diluncurkan Komisi Aparatur Sipil Negara

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka memperkuat proses dan integrasi seluruh alur pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) di lingkungan instansi pemerintah, hari ini Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) meluncurkan aplikasi Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (SIJAPTI). Aplikasi tersebut mencakup keseluruhan proses seleksi, mulai dari konsultasi, penyampaian dokumen rencana seleksi dan laporan hasil seleksi, serta dokumentasi database JPT.

“Dalam rangka mendukung gerakan pemerintah untuk menuju sistem e-governance, kami meluncurkan aplikasi SIJAPTI sehingga proses seleksi jabatan tinggi di nasional dan daerah menjadi lebih cepat dan murah. Kita memulai dengan Eselon I dan Eselon II, tetapi tidak berarti pada level yang lebih rendah, seperti pada Eselon Tiga dan pengawas, kita tidak melakukan seleksi dengan cara ini,” kata Sofian Effendi, Ketua KASN.

Didalam arah kebijakan dan strategi yang tertuang dalam Buku 1 Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, terdapat arah kebijakan tentang penerapan e-government untuk mendukung bisnis dan proses pemerintahan. Oleh sebab itu, aplikasi SIJAPTI hadir untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, profesionalisme, kinerja serta akses dalam penyampaikan dokumen rencana seleksi dan laporan hasil seleksi serta pengawasan pelaksanaan pengisian JPT. Peluncuran aplikasi ini juga didukung oleh USAID Cegah dalam proses pengerjaannya, Juhani Grossmann selaku perwakilan USAID Cegah menyampaikan, "Kami menyadari tugas berat dari program ini, bukan pada desain, tapi implementasi. Tapi mungkin untuk kehawatiran itu adalah hal yang berbeda."

Penerapan aplikasi SIJAPTI akan digulirkan pada seleksi JPT yang terjadi di lima tingkatan, yaituKementerian, Lembaga, Provinsi, Kabupaten, dan Kota. Setiap institusi pada tingkatan tersebut akan memiliki satu akses untuk mengelola Seleksi JPT di institusinya masing-masing. AplikasiSIJAPTI hanya bisa diakses oleh KASN dan badan kepegawaian yang sudah didaftarkan. Setiap pengguna dapat melakukan tiga fungsi utama dalam SIJAPTI yaitu Input Database JPT (nomenklatur dan pejabat), Konsultasi, dan Pengisian Seleksi JPT.

 "Salah satu tugas dari KASN adalh untuk memberi pelayanan dalam hal proses pengisian seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi bukan hanya di Jakarta tetapi juga di daerah yang lokasinya dari Sabang sampai Marauke. selama ini untuk melakukan prseses tersebut masih dilakukan secara manual yaitu dengan datang langsung ke Jakarta untuk  mengirim dokumen dan membutuhkan biaya transportasi dan sebagainya . sehingga dengan adanya SIJAPTI ini pelayanan terhadap pemda bisa dilakukan secara online dan otomatis menghemat anggaran dan  prosesnya lebih cepat. Itu esensi pelayanan untuk deliver dari aplikasi SIJAPTI." Ini baru mulai akan ada tentunya pengembangan selanjutnya yang diharapkan dapat memaksimalkan fungsi dari SIJAPTI  "tutur Waluyo.(*)

Artikel Selanjutnya
Kemenperin Buka Rekrutmen 380 CPNS, Cek Persyaratannya
Artikel Selanjutnya
Mau Cek Info CPNS 2017 Gelombang II? Kunjungi 3 Situs Ini