Presiden SBY: Perwira Polri Jangan Tergoda Harta

  • Politik
  • 0
  • 16 Des 2010 07:35

101216bperwira-polisi.jpg
Liputan6.com, Semarang: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kamis (16/12) pagi dijadwalkan melantik perwira baru Polri lulusan Akademi Kepolisian 2010 di Semarang.

Rabu (15/12) malam, Presiden memberi pengarahan kepada 465 perwira remaja dan calon perwira remaja Akpol angkatan 2010 di Gedung Aula Utama Akademi Kepolisian Semarang.

Dalam pengarahannya, Presiden mengingatkan pentingnya para perwira Polri sejak dini menegakkan etika profesi, bersikap profesional, bekerja sungguh-sungguh dan tidak mudah tergoda melakukan hal-hal yang negatif. "Tahanlah terhadap godaan. Godaan akan selalu ada, harta. Makin tinggi pangkat, makin tinggi jabatan kesejahteraan akan ikut. Jangan memaksakan diri mencari harta yang belum pada tingkatannya, bisa-bisa melanggar hukum, tidak halal," kata Presiden.

Hal lain yang menjadi perhatian Presiden dan diminta agar menjadi pegangan para calon perwira kelak saat menjalankan tugas adalah menjaga idealisme hingga kapanpun meski nanti mereka sudah memiliki pangkat dan jabatan yang tinggi.
"Saya yakin kalian memiliki idealisme, cita-cita dan tujuan yang besar. Kalian semua tentu ingin sukses. Ingin menjadi pemimpin. Menjadi pemimpin Polri yang tangguh dan handal dan profesional. Idealisme ini ibarat pelita dan energi, sepanjang mengabdi di lingkungan kepolisian akan banyak tantangan yang kalian hadapi," papar Presiden.

Selain meminta agar para perwira bermental tangguh dan tidak mudah menyerah, Presiden juga meminta saat bertugas nanti hingga jenjang pangkat yang paling tinggi, tetap memegang etika profesional sebagai seorang penegak hukum.
Diakhir pengarahannya, Kepala Negara meminta semua perwira selalu mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa agar tugas yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik.

Sebanyak 465 calon perwira dan perwira remaja Polri tersebut merupakan angkatan 41 dan 42. Menurut Kapolri Jenderal (Pol) Timur Pradopo dalam laporannya kepada Presiden, para perwira remaja yang bersumber dari sarjana telah dilantik beberapa waktu lalu dan siap ditempatkan di seluruh Indonesia, sementara calon perwira lainnya yang bersumber dari nonsarjana akan dilantik oleh Presiden pada Kamis (16/12) pagi.

Para perwira remaja itu akan menjadi bagian dari 27.000 perwira pertama Polri di seluruh Indonesia yang akan bekerja dan mengawasi 360.000 bintara Polri di seluruh Nusantara.(Ant/ARI)
Terpopuler