Sukses

Bandung Kini Menjadi Lautan Sampah

Tumpukan sampah seperti dibiarkan menggunung di sejumlah tempat pembuangan sampah sementara (TPS). Antara lain terlihat di Pasar Cihaur Geulis dan berapa titik lainnya.

Liputan6.com, Bandung: Penutupan jalan utama menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Sarimukti di Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, berujung ketidaknyamanan. Kota Bandung yang terkenal sebagai lautan api, kini berubah menjadi lautan sampah. Soalnya, tumpukan sampah sangat mudah ditemukan di berbagai ruas jalan di Bandung, seperti yang terlihat baru-baru ini.

Tumpukan sampah seperti dibiarkan menggunung di sejumlah tempat pembuangan sampah sementara (TPS). Antara lain terlihat di Pasar Cihaur Geulis dan berapa titik lainnya.

Akibatnya mudah ditebak. Warga mulai terganggu karena selain menimbulkan bau, tumpukan sampah juga berpotensi mendatangkan penyakit.

Penumpukan sampah bukan hanya di TPS, tapi juga di sejumlah ruas jalan, misalnya Jalan Ahmad Yani yang lokasinya tak jauh dari Pasar Kosambi. Di sini, timbunan sampah bahkan sudah memakan setengah badan jalan. Akibatnya, arus lalu lintas menjadi terganggu dan lahan parkir pun berkurang.

Diperkirakan volume sampah yang tidak terangkut selama tiga hari terakhir dari 170 TPS yang ada mencapai 8.000 meter kubik. Angka itu akan terus meningkat apabila permasalahan dengan warga yang menutup akses jalan menuju TPA Sarimukti tidak tuntas. Bila itu yang terjadi, tidak mustahil Bandung kembali menjadi lautan sampah, seperti pernah terjadi beberapa tahun silam.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini