Sukses

Kabareskrim: First Travel Tarik Artis untuk Promosi Umrah

Kabareskrim Polri Komjen Ari Dono Sukmanto mengungkapan, First Travel sengaja merekrut para artis untuk menarik calon jemaah umrah.

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi Syahrini dan Vicky Shu sempat diperiksa sebagai saksi atas kasus dugaan penipuan dan penggelapan uang puluhan ribu calon jemaah umrah PT First Anugerah Karya Wisata atau First Travel.

Kepala Badan Reserse Kriminal Polri, Komjen Ari Dono Sukmanto, mengungkapkan, pihaknya masih mendalami keterlibatan sejumlah artis dan penyanyi dalam kasus tersebut. Yang pasti, First Travel sengaja merekrut para artis untuk menarik calon jemaah umrah.

"Perusahaan itu yang menarik artis, orang lain kan melihat, artis ini ikut. Jadi percaya," kata Ari di Bareskrim Polri, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (3/10/2017).

Dia beralasan, pemeriksaan para pesohor ini sengaja dilakukan untuk menggali informasi apakah mereka terkait kerja sama dengan First Travel. Termasuk mencari tahu apakah ada pembayaran kepada mereka.

"Sejauh mana keberadaan artis-artis ini dengan kasusnya, apakah memang ada satu kesepakatan, yang terkait dengan memberikan support atau apa," ucap Ari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengakuan Vicky Shu

Penyanyi Vicky Veranita Yudhasoka atau Vicky Shu mengaku sudah dua kali berangkat umrah dengan menggunakan jasa PT First Anugerah Karya Wisata atau First Travel.

Vicky mengatakan umrah pertamanya dengan First Travel dilakukan pada akhir 2015. Ketika itu, dia berangkat bersama 250 jemaah lainnya.

"Saya membayar full," kata Vicky Shu usai menjalani pemeriksaan sebagai saksi di Bareskrim Polri, Jakarta, Senin 2 Oktober 2017.

Umrah kedua dengan First Travel, berlangsung pada awal 2017. Sebenarnya, lanjut dia, banyak biro perjalanan umrah lain yang juga menawarkannya promo ibadah.

Hanya, dia lebih memilih menggunakan First Travel karena sudah pernah berangkat sebelumnya dengan biro perjalanan umrah milik Andhika Surachman dan Anniesa Hasibuan itu.

Vicky juga mengaku tidak tahu menahu tentang adanya permasalahan di First Travel. Yang pasti, Vicky mengaku dia hanya fokus menjalankan ibadah umrah.

"Saya dua kali menggunakan jasa travel. Saya tidak tahu-menahu karena, saya hanya sebagai jemaah yang beribadah di sana," ucap Vicky Shu.

 Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.