Sukses

Saat Gubernur Djarot Kepincut Program Homestay Banyuwangi

Gubernur Djarot Saiful Hidayat mengaku tertarik untuk mengembangkan program serupa di Kepulauan Seribu.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat kepincut dengan program pengembangan homestay yang dikelola oleh masyarakat Banyuwangi.

Dia menilai program tersebut merupakan terobosan bagus, karena masyarakat menjadikan rumahnya untuk rumah hunian bagi para wisatawan.

"Banyuwangi ini terbilang berhasil mengembangkan pariwisatanya. Ini yang ingin coba saya pelajari," kata Djarot saat menyaksikan secara langsung pengembangan pariwisata di Banyuwangi, Sabtu (30/9/2017).

"Homestay ini saya kira program yang menarik. Wisatawan bisa menginap, bisa berinteraksi dengan warga langsung, paginya bisa diajak ke sawah, ini sesuatu yang eksotik," lanjut Djarot yang didampingi Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Soni Sumarsono

Djarot mengaku tertarik untuk mengembangkan program serupa di Kepulauan Seribu.

"Akan coba kita kembangkan di Kepulauan Seribu. Potensi wisata di sana bisa dikembangkan dengan melibatkan masyarakat," ucap dia.

Dalam kesempatan itu, Djarot dan Sumarsono juga meninjau langsung Lounge Pelayanan Publik Banyuwangi. Di ruang etalase pelayanan publik milik pemkab Banyuwangi itu, Sumarsono mengapresiasi peningkatan mutu pelayanan Pemda Banyuwangi.

"Selama sepuluh tahun terakhir, perkembangan pelayanan publik di Banyuwangi pesat. Banyuwangi salah satu daerah yang menjadi binaan kami (Ditjen Otda) yang cepat responsnya," ujar Suamrsono.

Setelah dari lounge pelayanan publik Pemda Banyuwangi, rombongan dijamu makan malam di Pendopo Sabha Swagata Blambangan. Usai dari pendopo, Djarot bersama Soni mendaki Gunung Ijen yang terkenal dengan fenomena blue fire-nya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.