Sukses

Abu Bromo Guyur Kota Lumajang

Abu dari Gunung Bromo menguyur Kota Lumajang, dalam dua hari terakhir ini. Akibatnya para pengguna jalan terutama pengendara sepeda motor merasa terganggu.

Liputan6.com, Lumajang: Abu dari Gunung Bromo menguyur Kota Lumajang, Jawa Timur, dalam dua hari terakhir ini. Akibatnya para pengguna jalan terutama pengendara sepeda motor merasa terganggu. Selain membuat napas sesak, mata mereka perih terkena abu. "Mulai kemarin hujan abu, mata perih kalau nggak pake helm," kata warga bernama Muhammad Nuh, Senin (13/12).

Warga yang peduli berinisiatif membagikan masker ke para pengguna jalan. Meski tidak megitu banyak, langkah warga itu cukup membantu. Selain warga, Dinas Kesehatan Lumajang juga membagikan masker di depan kantor mereka. Meski memacetkan jalan, para pengguna jalan tidak merasa terganggu. Sebaliknya mereka senang mendapatmasker gratis.

Gunung Bromo saat ini masih terus mengeluarkan letusan yang disertai dengan abu vulkanik ke udara. Bromo sudah berstatus siaga atau di level tiga. Sejak dinyatakan berstatus siaga, Taman Nasional Gunung Bromo ramai dikunjungi wisatawan. Sepeda motor maupun mobil sudah bisa memasuki kawasan wisata dalam jarak dua kilometer dari kawah Bromo.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.