Sukses

Kemenperin Usung Konsep "Home Living" di Pameran Kriya Nusa

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Jenderal (Ditjen) Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) turut serta dalam pagelaran Pameran Kriya Nusa yang diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) selama 5 hari, mulai dari 27 September hingga 1 Oktober 2017. Pameran ini bertujuan untuk mempromosikan dan memperluas akses pasar produk unggulan IKM di pasar dalam negeri. Direktorat Jenderal IKM memfasilitasi lima IKM yang berasal dari NTB (Ratna Art Shop/Kerajinan Anyaman Ketak), Bali (Kekean Wastra Gallery/ Batik dan Tenun Warna Alam), Banten (Joice Jewelry), Solo (Kimkas/Furnitur), dan Sumatera Utara (Tenun Basana/ Ulos).

“Pada pameran Kriya Nusa ini, Ditjen IKM mengusung tema home living, semua IKM yang kami fasilitasi telah dikurasi sesuai dengan konsep yang telah dibuat. Jadi, ada produk furnitur, home decoration, kerajinan, tenun, dan batik,” ujar Direktur IKM Kimia, Sandang, Aneka, dan Kerajinan, Ditjen IKM Kemenperin, E. Ratna Utarianingrum, di Jakarta Convention Center, Selasa (27/9/2017).

Menurut Ratna, Ditjen IKM ingin menampilkan sesuatu yang berbeda dalam pameran Kriya Nusa ini. “Kami ingin mengedukasi para IKM, bahwa pameran itu tidak hanya ajang untuk berjualan sehingga stand tidak terkoordinir dengan baik hanya seperti stand-stand pameran biasanya. Dengan konsep home living yang kami tampilkan, akan sangat menarik perhatian pengunjung, bahkan Bapak Presiden dan Ibu Negara beserta Ibu Muffidah Jusuf Kalla dan Gubernur DKI Bapak Djarot Saeful Hidayat, juga mengunjungi stand Kemenperin,” ucap Ratna.

Dirinya pun menyatakan kebanggaannya terhadap stand Kementrian Perindustrian yang menjadi salah satu stand yang dikunjungi oleh Bapak Presiden dan Ibu Negara beserta rombongan.

“Kami sangat senang Bapak Presiden dan Ibu Negara berkenan berkunjung dan melihat produk unggulan IKM yang kami fasilitasi. Tadi Ibu Iriana tertarik dengan produk tas dan kerajinan dari anyaman ketak khas NTB, sementara Bapak Presiden sangat tertarik dengan produk pajangan berisi kumpulan batu-batuan asli Indonesia yang dibuat oleh Ibu Joice,” kata Ratna.

Stand Kementerian Perindustrian berada di Hall B Jakarta Convention Center. Stand-nya selalu ramai oleh pengunjung. Para pengunjung tidak hanya dapat berbelanja, tetapi juga bisa berfoto dan selfie di stand yang didesain khusus tersebut. “Stand Kemenperin produknya bagus-bagus dan kita bisa selfie juga,” ujar salah satu pengunjung. Di stand Kemenperin memang terdapat beberapa spot yang sangat menarik untuk dijadikan tempat foto/selfie.

Ratna mengharapkan, selama lima hari ke depan para IKM binaan Kementerian Perindustrian mendapat hasil penjualan yang bagus dan juga mendapatkan banyak pembeli. “Kami harap para IKM yang kita fasilitasi akan mendapatkan hasil penjualan yang bagus, baik retail maupun pesanan dari buyer, sehingga jangkauan pasar mereka akan semakin luas yang tentunya akan meningkatkan omset penjualan,” ucap Ratna.(*)

Artikel Selanjutnya
Kuliner Khas di Makassar Culinary Night Siap Menggoyang Lidah
Artikel Selanjutnya
Wonderful Indonesia Festival 2017 Siap Digelar