Sukses

Kementerian Perindustrian Gelar Fashion Show Tenun Donggala

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Jenderal (Ditjen) Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) ikut meramaikan Pameran Kriya Nusa yang diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dengan menggelar fashion show. Tema fashion show yang diangkat adalah Tenun Donggala, sesuai dengan program pengembangan tenun Dekranas pada 2017.

“Pada pameran Kriya Nusa ini, Ditjen IKM tidak hanya memfasilitasi booth pameran saja bagi para IKM, tetapi kami juga menggelar fashion show yang dilaksanakan pada tanggal 27 September 2017 jam 16.00 di panggung harian Hall B ”ujar Direktur IKM Kimia, Sandang, Aneka, dan Kerajinan, Ditjen IKM Kemenperin, E. Ratna Utarianingrum, di Jakarta Convention Center, Selasa (27/9/2017).

Menurut Ratna, Ditjen IKM bekerja sama dengan Dekranas untuk mengangkat Tenun Donggala agar semakin populer. “Pada tahun 2017 ini Kementerian Perindustrian bersinergi dengan Dekranas untuk mengembangkan Tenun Donggala asal Sulawesi Tengah. Terdapat 5 lokus yang menjadi target pengembangan tenun Ditjen IKM, yaitu Kabupaten Simalungun dan Tapanuli Utara di Sumateran Utara, Kabupaten Timor Tengah Selatan di NTT, Kabupaten Donggala di Sulawesi Tengah, dan Kabupaten Tanah Datar di Sumatera Barat. Kami telah melakukan pendampingan dan fasilitasi alat untuk meningkatkan kualitas dan mutu kain tenun agar lebih fashionable dan berdaya saing. ” ucap Ratna.

Ia menyatakan, Ditjen IKM menggandeng desainer untuk menjadikan kain tenun Donggala bernilai tambah tinggi dan menjadi produk fashion yang kekinian.“Kami menggandeng para desainer agar Tenun Donggala semakin populer dan mendapatkan value added yang lebih tinggi. Dengan sentuhan desainer, kain tenun Donggala akan semakin menarik dan fashionable. Pada kesempatan ini kami menggandeng desainer Nita Seno untuk merangcang kain-kain tenun Donggala karya para perajin tenun dan menampilkannya pada fashion show Pameran Kriya Nusa” kata Ratna.

Pagelaran busana Tenun Donggala mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, terutama para pengurus Dekranas yang turut hadir menyaksikan fashion show tersebut.

Ratna mengharapkan, dengan digelarnya fashion show tersebut, masyarakat dapat semakin mengenal tenun Donggala, mengingat Indonesia memiliki berbagai jenis kain tenun dari berbagai daerah yang sangat menarik. “Kami harap melalui pagelaran busana yang kami fasilitasi pada Pameran Kriya Nusa ini, tenun Donggala akan semakin populer dan berdaya saing, sehingga akan meningkatkan permintaannya yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan para perajin tenun Donggala,” ujarnya.(*)