Sukses

Politikus PAN Minta Pendemo Waspadai Penyusup Aksi 299

Semua pihak diminta tetap waspadai tindakan provokasi aksi 299 yang bisa saja dilakukan pihak-pihak yang punya kepentingan tidak baik.

Liputan6.com, Jakarta - Fraksi PAN MPR meminta agar aksi 299 yang digelar hari ini dapat berjalan aman dan tertib. Penyampaian pendapat di muka umum adalah hak yang dijamin di dalam UU. Karena itu, aparat keamanan diminta untuk mengawasi aksi tersebut, sehingga berjalan secara damai dan penyampaian aspirasi dapat dilaksanakan dengan baik.

"Saya yakin, aksi 299 ini akan berjalan tertib, aman, dan damai. Aksi seperti ini sudah sering dilaksanakan. Hasilnya bagus. Kita sudah sangat dewasa di dalam berdemokrasi. Karena itu, saya kira tidak ada yang perlu dikhawatirkan," ujar Sekretaris FPAN MPR Saleh Partaonan Daulay di Jakarta, Jumat (29/9/2017).

Namun demikian, semua pihak diminta untuk tetap mewaspadai tindakan provokasi yang bisa saja dilakukan oleh pihak-pihak yang punya kepentingan tidak baik. Apalagi, isu yang diangkat sampai hari ini masih dianggap sensitif. Karena itu, diperlukan kewaspadaan agar aksi damai ini tidak disusupi.

"Kekhawatiran bangkitnya kembali komunisme dinilai sebagai sesuatu yang positif. Itu menandakan bahwa ada kesadaran historis di tengah masyarakat akan bahaya komunisme dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ujar dia.

Sejarah Indonesia telah mencatat pengalaman buruk dengan ideologi komunisme di masa lalu. Wajar jika kemudian setiap waktu ada saja masyarakat yang khawatir dan merasa was-was.

"Sebetulnya, semua pihak boleh saja khawatir. Sebab, sebagai bangsa, kita semua tidak bisa menerima ideologi komunis berkembang di masyarakat. Yang paling jelas, ideologi itu bertentangan dengan Pancasila, khususnya sila pertama," ujarnya.

Dalam konteks itu, pemerintah diminta untuk senantiasa menggelorakan semangat anti-komunisme di Indonesia. Dengan begitu, generasi muda Indonesia dapat dibentengi dari arus perkembangan ideologi ini dari masa ke masa.

"Dinamika dan gerak perubahan zaman tentu tidak boleh mengikis ideologi Pancasila yang terbukti telah berhasil menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia," ujar dia.

Saksikan tayangan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.