Sukses

HUT ke-72, TNI Gelar Pertunjukan Wayang NKRI di Museum Fatahillah

Pertunjukan wayang itu akan dilaksanakan di Museum Fatahilah, Jakarta, hari ini.

Liputan6.com, Cilegon - TNI akan menggelar hari ulang tahun ke-72. Peringatan hari lahir TNI itu akan dilaksanakan di Pelabuhan Indah Kiat, Kota Cilegon, Banten.

"Kemarin saya melaporkan kesiapan HUT TNI dan memohon Pak Presiden untuk menjadi Irup (inspektur upacara)," ujar Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di Kota Cilegon, Banten, Kamis 28 September 2017.

Untuk memperingati HUT TNI ini, kata Gatot, pihaknya akan memberikan hiburan kepada rakyat Jakarta di Kota Tua secara gratis.

Jenderal bintang empat ini juga menjelaskan, hiburan yang akan dinikmati warga Jakarta berupa tujuh jenis wayang asal Indonesia, seperti dari Cirebon hingga Banjarmasin. Pertunjukan wayang itu akan dilaksanakan di Museum Fatahillah Jakarta.

Namun, Gatot enggan memberikan bocoran alat utama sistem pertahanan (alutsista) milik TNI yang akan dihadirkan saat puncak peringatan HUT TNI hari ini.

"Kalau saya bocorkan sekarang, nanti enggak nonton (HUT TNI). Dan pemain wayang Palembang itu tinggal satu dan besok (hari ini) bisa main," jelasnya.

"HUT TNI sudah siap, tanggal 1 (Oktober) mulai gladi resik. HUT TNI di Indah Kiat untuk melaporkan kepada presiden dan masyarakat sebagai pemilik TNI," ia menerangkan.

Berdasarkan pantauan di Pelabuhan Indah Kiat, Kota Cilegon, Banten, terdapat barisan Kapal Republik Indonesia (KRI), seperti KRI Banda Aceh, KRI Teluk Sampit dan Kapal Selam Nagapsa-403.

Kemudian ada pula Tank Leopard, Helikopter Apache, dan KRI kelas Sigma. Rencananya dalam HUT TNI akan ditampilkan atraksi pesawat Sukhoi yang diaplikasikan dalam bentuk demonstrasi latihan gabungan TNI dan kemampuan keterampilan prajurit TNI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.