Sukses

Gunung Agung Awas, Pemerintah Siapkan Penanganan Bencana

BNPB telah memetakan kawasan yang masuk dalam kawasan rawan bencana bila Gunung Agung erupsi.

Liputan6.com, Karang Asem - Gunung Agung hingga kini dalam status Awas. Nampak asap hitam keluar dari puncak Gunung Agung pada Kamis pagi kemarin. Gempa dengan kekuatan rendah juga semakin sering terjadi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (29/9/2017), pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah memetakan kawasan yang masuk dalam kawasan rawan bencana bila Gunung Agung erupsi. Saat ini warga yang mendatangi posko pengungsian terus bertambah.

Meningkatnya aktivitas Gunung Agung di Bali, juga menjadi perhatian pemerintah. Dalam rapat terbatas di istana yang dipimpin Presiden Joko Widodo, dihadiri wakil Presiden Jusuf Kalla dan sejumlah menteri serta gubernur Bali dibahas penanganan terkait aktivitas vulkanik Gunung Agung.

Pemerintah telah menyiapkan berbagai strategi dalam penanganan dampak bencana bila Gunung Agung erupsi. Penanganan mulai dari pemenuhan kebutuhan bagi para pengungsi hingga meminimalisir dampak kerugian yang lebih besar.

Usai rapat terbatas, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani menjelaskan pemerintah bersiaga dalam melakukan mitigasi bencana.

Pemerintah daerah Bali meminta masyarakat untuk tetap tenang dalam menghadapi ketidakpastian erupsi Gunung Agung. Pemerintah optimistis apabila Gunung Agung erupsi, dampaknya dapat diminimalisir.