Sukses

Bupati Simalungun Akan Temui Ketua MK

Bupati Simalungun JR Saragih dijadwalkan akan menemui Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD untuk menjelaskan persoalan dugaan percobaan suap terhadap hakim konstitusi.

Liputan6.com, Jakarta: Bupati Simalungun JR Saragih dijadwalkan akan menemui Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD untuk menjelaskan persoalan dugaan percobaan suap terhadap hakim konstitusi.

"Bupati Simalungun bertemu Ketua MK Senin (13/12) pukul 13.00 WIB," demikian undangan Humas MK kepada ANTARA, Senin (13/12).

Humas MK juga menginformasikan bahwa pada Senin juga akan menindaklanjuti laporan kerja Tim Investigasi untuk memeriksa Panitera Pengganti Mahfud. Tim pemeriksa ini akan diketuai oleh Sekjen MK untuk mengungkap pengakuan Mahfud atas penyuapan oleh mantan Bupati Bengulu Selatan.

Seperti diketahui, Ketua MK Mahfud MD menyatakan hasil investigasi menunjukkan  Bupati Simalungun melakukan percobaan suap ke hakim MK senilai Rp1 miliar.

Tim investigasi menemukan seorang pegawai MK menerima suap Rp 58 juta yang melibatkan keluarga hakim MK. "Tim telah memeriksa panitera pengganti dan saksi pelapor, namun belum memeriksa anggota keluarga hakim yang bersangkutan termasuk hakimnya," kata salah satu anggota Tim Investigasi Bambang Widjojanto saat mengumumkan hasil laporannya pada Kamis (9/12) .

Untuk temuan ini, Tim Investigasi merekomendasikan pembentukan majelis kehormatan hakim untuk memeriksa kemungkinan adanya pelanggaran kode etik.(MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.