Sukses

Gempa Vulkanik dan Tektonik Gunung Agung Berpotensi Meletus

Getaran gempa Gunung Agung terasa hingga radius 12 kilometer atau sampai lokasi yang menjadi titik rawan.

Liputan6.com, Denpasar - Aktivitas Gunung Agung terus meningkat pada Rabu sore (27/9/2017). Pos pantau di Desa Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali mencatat gempa vulkanik dan tektonik lokal terjadi dalam intensitas tinggi sehingga potensi gunung meletus bakal terjadi.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Rabu (27/9/2017), getaran gempa terasa hingga radius 12 kilometer atau sampai lokasi yang menjadi titik rawan.

Seluruh warga yang berada di zona merah hiingga rawan bencana telah dievakuasi ke sejumlah posko pengungsian.

Mengatisipasi gunung meletus sewaktu-waktu, petugas dari Kementerian PU dan Perumahan Rakyat menyiapakn sejumlah alat berat berupa eskavator dan bekho, yang ditempatkan di pos strategis berjarak 15 kilometer dari lereng Gunung Agung.

Alat-alat tersebut nantinya akan membuka akses jalur kemungkinan tertutup material letusan. Dengan membuka jalur, proses evakuasi nantinya akan dipermudah.

Sementara Bupati Klungkung turun tangan menghentikan berbagai bentuk penggalangan dana di jalanan, apalagi yang melibatkan anak-anak sekolah. Ini untuk mencegah oknum-oknum yang memanfaatkan situasi, agar warga bergabung dengan relawan dan menolong langsung para korban.

Kebutuhan logistik untuk para pengungsi baik di posko Klungkung maupun di posko induk di Karangasem dipastikan masih cukup untuk satu pekan ke depan. Tercatat ada lebih dari 50 ribu pengungsi akibat bencana ini.