Sukses

Kenalkan Indonesia, KBRI Ukraina Gelar Lomba Karya Tulis Pelajar

Lomba diikuti oleh 897 peserta dari kalangan pelajar sekolah-sekolah menengah seluruh wilayah Provinsi Ukraina.

Liputan6.com, Jakarta - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Ukraina menggelar lomba karya tulis tentang Indonesia yang diikuti oleh para pelajar Ukraina di tingkat menengah ke atas.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari acara peringatan 25 Tahun Hubungan Diplomatik RI – Ukraina serta HUT ke-72 RI.

Duta Besar RI untuk Ukraina Yuddy Chrisnandi mengatakan lomba karya tulis tersebut digelar untuk merangsang minat pelajar Ukraina untuk menggali pengetahuan tentang Indonesia sekaligus memperkenalkan Indonesia di kalangan pelajar di Ukraina.

"Kegiatan ini diharapkan akan meningkatkan citra positif Indonesia yang pada gilirannya akan membawa manfaat jangka panjang bagi kepentingan RI di Ukraina," ucap Yuddy dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Rabu (27/9/2017).

Lomba diikuti oleh 897 peserta dari kalangan pelajar sekolah-sekolah menengah seluruh wilayah provinsi Ukraina termasuk provinsi Sumy, Ternopil, Kharkiv, Mikolayev, Chernigov, Cherkassy, Kyiv, dan provinsi Poltava.

Yuddy mengatakan untuk menggelar lomba tersebut pihaknya bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kremenchuk. Dari seluruh karya tulis, sebanyak 535 dinyatakan lolos seleksi.

"Dari seleksi tahap lanjutan diperoleh 87 karya tulis yang memenuhi syarat masuk dalam nominasi pemilihan pemenang oleh Dewan Juri," ucap politisi Partai Hanura itu.

Dalam sidang penjurian, pada 25 September lalu, dewan Juri menetapkan pemenang lomba karya tulis tentang Indonesia 2017 yaitu karya kolektif pelajar Sekolah Menengah dari kota Konotop, provinsi Sumy atas nama Vladyslav Barabash, Oleksandra Belashova, Yulia Lebed, dan Anastasia Polonska.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hadiah Uang dan Piagam

Setiap pemenang masing-masing mendapatkan hadiah dalam mata uang Ukraina UAH sebesar 10.000 dan Piagam.

Penghadiahan pemenang dilakukan di Wisma Indonesia, Kyiv, pada hari Selasa waktu setempat.

Penganugerahan hadiah kepada para pemenang diisi dengan ramah tamah antara pelajar dan Mahasiswa Ukraina dengan Dubes RI untuk Ukraina dan imeriahkan dengan atraksi tari Bali dan Penyajian masakan tradisional Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut penerima hadiah Lomba karya tulis tentang Indonesia menyampaikan keinginannya agar, baik di Indonesia maupun Ukraina, terwujud perdamaian dan kemakmuran bagi rakyatnya.

Kegiatan ini juga merupakan kesatuan kegiatan kebudayaan sebelumnya yang dianggap sukses seperti Indonesian Week yaitu pameran tentang Indonesia di satu tempat terkemuka di kota Kyiv, Galery Seni Triptych Global Arts.

Dilanjutkan pemasangan patung Ratu Anna di pusat kota Kyiv, Lviv Square dengan pakaian tradisional Bali. Yang terakhir adalah lomba karya tulis tentang Indonesia ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini