Sukses

Megawati: Saya Deg-degan Menerima Gelar Doktor dari UNP

Megawati merasa beruntung karena sudah mendapatkan pendidikan politik yang baik dari sang ayah sejak dini.

Liputan6.com, Padang - Universitas Negeri Padang (UNP) menganugerahkan gelar Doctor Honoris Causa untuk Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dalam bidang politik pendidikan. Mengawali pidato ilmiahnya, Megawati mengaku sempat berdebar-debar.

"Saya sempat deg-degan karena di sini ada lima profesor pendidikan, dan saya berdebar-debar karena anugerah ini menyangkut pendidikan," ujar Megawati mengawali pidatonya, di UNP, Sumatera Barat, Rabu (27/9/2017).

Mega menyatakan, gelar doctor honoris causa yang diberikan UNP bukan yang pertama kali ia dapatkan.

"Ini gelar kelima saya. Tapi, ini merupakan gelar dalam bidang politik pendidikan. Ini suatu kehormatan yang dianugerahkan Universitas Negeri Padang kepada saya," ucap Megawati.

Menurut Mega, entitas politik terkecil yang dihadapi oleh sesorang semasa hidupnya adalah berasal dari keluarga. Sebagai anak dari seorang Presiden Pertama RI, Sukarno, Megawati mengaku merasa beruntung karena sudah mendapatkan pendidikan politik yang baik dari sang ayah sejak dini.

"Pendidikan politik saya, langsung dari ayah saya, bapak bangsa, Bung Karno. Definisi politik Bung Karno mengabdikan diri bagi kepetingan orang banyak. Maksudnya memiliki cita-cita bukan untuk tujuan pribadi," kata Megawati.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebahagiaan sebagai Pemimpin

Mega menafsirkan bahwa kebahagiaan sebagai pemimpin bukan karena saat memegang kekuasaan, tapi ketika dapat mengabdikan diri bersama rakyat.

"Kebahagiaan kita adalah bukan saat memegang kekuasaan, tapi saat susah dan senang bersama dan dekat dengan rakyat," Megawati menandaskan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini