Sukses

Hasto: Penghargaan UNP pada Megawati Gelar Honoris Causa Kelima

Liputan6.com, Padang - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan menerima gelar honoris causa dari Universitas Negeri Padang (UNP). Megawati akan dianugerahi gelar doktor kehormatan bidang politik pendidikan.

Pemberian penghargaan ini akan dilakukan besok, setelah Megawati membacakan orasi ilmiahnya di depan senat UNP. Kali ini merupakan pemberian gelar kelima bagi Megawati.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, ini adalah gelar honoris causa kelima yang diterima Megawati sebagai bentuk penghargaan atas kontribusinya terhadap bangsa Indonesia.

"Besok merupakan gelar honoris causa kelima yang diterima Megawati. Kami mengucapkan terima kasih yang tulus atas penghargaan yang diberikan untuk Ibu Megawati dan kontribusi beliau," kata Hasto di Padang, Sumatera Barat, Selasa (26/9/2017).

Hasto menjelaskan berdasarkan kajian dari senat guru besar UNP, Megawati mampu mempelopori perubahan sistem pendidikan yang demokratis. Serta mendorong pendidikan politik bertanggung jawab, untuk menciptakan manusia yang berkarakter dan berkebudayaan.

Pemberian gelar ini, kata Hasto, menjadi momentum PDIP menelaah baik tidaknya sistem politik pendidikan di Indonesia. Pemberian gelar ini akan dihadiri sejumlah menteri Kabinet Kerja, dan menteri Kabinet Gotong Royong semasa Megawati memimpin.

Sebelumnya, Presiden kelima RI ini juga menerima gelar honoris causa dari sejumlah universitas. Seperti dari Wasseda University, Moscow State Institute, MIT Ocean University, dan Universitas Padjajaran.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

 

1 dari 2 halaman

Alasan Pemberian Gelar

Sementara, Rektor Universitas Negeri Padang Ganefri mengatakan, penghargaan ini diberikan setelah melihat rekam jejak Megawati yang cukup panjang di bidang politik pendidikan.

Dia menilai, putri presiden pertama RI Sukarno itu, berhasil mengubah paradigma pendidikan nasional sejak awal reformasi, yang manfaatnya dirasakan sampai sekarang.

"Ibu Megawati luar biasa berjasa dalam sistem pendidikan nasional ketika Beliau saat menjabat sebagai Presiden telah mengubah paradigma pendidikan nasional," ucap Ganefri.

Salah satu yang dilahirkan Megawati, lanjut dia, adalah berhasil menerbitkan UU Nomor 20 Tahun 2003. UU itu mengimplementasikan amanat konstitusi tentang alokasi 20 persen dana APBN untuk pendidikan. Hal inilah yang membuat Megawati layak diberi gelar doktor honoris causa.

"UU Sisdiknas jelas-jelas mencantumkan tujuan pendidikan adalah untuk membentuk manusia Indonesia yang berakhlak mulia sebagai realisasi dari nation and character building, pembentukan karakter bangsa yang didengungkan oleh Presiden Sukarno berkali-kali pada masa awal berdirinya Republik Indonesia," pungkas Ganefri. (Surya Purnama)

Artikel Selanjutnya
Lomba Debat Konstitusi Tingkat Nasional Diikuti 14 Universitas