Sukses

Pimpinan KPK Pastikan Hadiri RDP dengan Komisi III Siang Ini

Liputan6.com, Jakarta - Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan siap menghadiri undangan rapat dengar pendapat (RDP) lanjutan dengan Komisi III DPR RI. RDP yang dijadwalkan akan berlangsung hari ini, akan membahas soal evalusi kinerja KPK.

"Hadir," kata Ketua KPK Agus Rahardjo singkat, saat dikonfirmasi, Selasa (26/9/2017).

Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan juga memastikan akan menghadiri RDP bersama Komisi III. Rapat tersebut direncanakan akan dimulai pukul 13.00 WIB.

"Ya, rencana hadir (dalam RDP)," kata Basaria saat dikonfirmasi secara terpisah.

RDP hari ini merupakan rapat lanjutan, dimana sebelumnya Komisi III dan KPK telah melakukan rapat pada tanggal 11 dan 12 September 2017.

Saat itu, lembaga yang dipimpin oleh Agus Rahardjo dicecar soal mekanisme pengaduan masyarakat hingga proses penyadapan.

Dalam konteks penyadapan, Komisi III DPR mempertanyakan pihak yang berwenang di KPK untuk menentukan siapa orang yang akan disadap.

 

1 dari 2 halaman

Tidak Terkait Perkara

Anggota Komisi III juga mempertanyakan standard operating procedure (SOP) dan mekanisme penyadapan itu. Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo menilai ada percakapan yang tidak terkait dengan pokok perkara yang terekam.

"Bagaimana ke depan kami mendorong KPK memperbaiki yang kurang sempurna, misalnya dibahas terkait penyadapan," kata Bambang usai Rapat Dengar Pendapat Komisi III DPR dengan KPK, di Gedung Nusantara II, Jakarta, Selasa 12 September 2017.

Menurut dia, masih ada konten penyadapan yang tidak terkait dengan pokok perkara tapi masuk ke pengadilan. Hal ini pun tersiar ke ruang publik.

Dia mengatakan Komisi III DPR memiliki tanggung jawab terhadap kinerja KPK karena para Pimpinan KPK dipilih oleh Komisi III.

"Karena itu suksesnya Pimpinan KPK ke depan adalah suksesnya Komisi III DPR yang memilih. Tapi kalau ada kegagalan maka kami tidak bisa lepas dari tanggung jawab," ujar Bambang seperti dilansir Antara.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: