Sukses

Obrolan Lucu Jokowi dengan 2 Nenek Saat Blusukan di Salatiga

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Program Keluarga Sejahtera (PKH) di sela kunjungan kerjanya ke Provinsi Jawa Tengah.

Dalam acara yang digelar di halaman SMAN 3 Salatiga, Jawa Tengah itu, Jokowi sempat memanggil dua perempuan lanjut usia (lansia) penerima kartu PKH.

"Siapa yang umurnya 60 tahun ke atas?" tanya Jokowi kepada para penerima KIP dan PKH yang memenuhi lapangan sekolah negeri tersebut.

Dua lansia pun maju menghampiri Jokowi. Mereka adalah Siti Fatimah dan Mariam yang mengaku berumur 63 tahun.

Tidak seperti biasanya, dalam kesempatan ini, Jokowi tidak memberi kuis kepada kedua lansia itu. Presiden hanya menanyakan untuk apa saja uang dari Kartu PKH digunakan.

"Ndamel tumbas ndeling, ndamel kandang. Ndamel tumbas uyah, moto (buat beli bambu untuk buat kandang hewan peliharaan, beli garam, penyedap rasa )," ucap nenek Fatimah seperti dilansir dari Antara.   

"Masa Rp 500 ribu hanya buat beli moto (penyedap masakan) dan uyah," ucap Jokowi sambil tertawa. 

"Uwos (beras), ngih nopo-nopo...rasukan (ya macam-macam kebutuhan, pakaian)," sahut sang lansia lagi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi meminta uang sebesar Rp 2 juta dari Kartu PKH  digunakan untuk menambah gizi, seperti daging. Namun, Nenek Mariam mengatakan kalau cucunya tidak suka makan daging.

"Lha putu kulo mboten purun daging (cucu saya nggak mau daging)," kata Nenek Mariam yang langsung disambut ketawa para hadirin.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

 

1 dari 2 halaman

Minta Sepeda

Setelah panjang lebar bertanya dengan dua lansia itu, Jokowi kemudian mempersilakan mereka untuk duduk. Namun, tak lama, nenek itu kembali menghampiri Jokowi.

Mereka ternyata meminta sepeda yang biasa diberikan Pak Presiden.

Diminta sepeda oleh dua nenek tersebut, Jokowi pun sempat berseloroh, "Loh, apa bisa naik sepeda?" Ucapan Jokowi itu disambut tawa warga yang hadir.

Namun, Nenek Mariam menjawab sepeda tersebut akan dia berikan kepada cucunya. Jokowi kemudian memberikan sepeda kepada dua nenek tersebut.

"Iya, silakan ambil sepedanya," ucap Jokowi disambut tepuk tangan para hadirin.

Artikel Selanjutnya
Cara Kekinian Presiden Jokowi Lepas Kangen dengan Sang Cucu
Artikel Selanjutnya
Gaya Kompak 2 Putra Jokowi Saat Jualan di Car Free Day Solo